Besok, Provinsi Riau Menjadi Salah Satu Wilayah Penghentian Tetap TV Analog Tahap I

- Jumat, 29 April 2022 | 14:59 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Biro Humas Kementerian Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Biro Humas Kementerian Kominfo)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan bahwa mulai besok (30/4/2022) terdapat 3 wilayah di Indonesia yang akan dilakukan penghentian tetap TV Analog atau analog switch off (ASO) tahap pertama yang akan di mulai pada pukul 24.00.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo), Johnny G Plate dimana 3 wilayah atau provinsi yang dihentikan tersebut adalah Provinsi Riau, Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat.

Johnny menghimbau kepada masyarakat yang terdampak untuk segera beralih ke siaran TV digital agar terus dapat menikmati siaran TV.

“Kepada masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital diharapkan segera memasang perangkat set top box agar bisa menerima siaran digital. Kepada masyarakat yang dikategorikan masyarakat miskin yang set top box atau perangkat konektornya disediakan sesuai amanat peraturan pemerintah, akan disediakan oleh penyelenggara multiplex yaitu LPP TVRI dan enam LPS,” kata Johnny G Plate dalam acara kick off ASO tahap I, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Layanan Disdukcapil Kota Pekanbaru Tutup Selama Libur Idulfitri 1443 H, Kadis: Buka Kembali 9 Mei 2022

Ia juga menjelaskan bahwa kesiapan dalam pembangunan  infrastruktur multiplexing untuk tahap satu di 56 wilayah siaran dan 166 kabupaten/kota telah selesai dan siap digunakan.

Untuk penghentian tetap siaran TV analog tahap dua dan tiga, saat ini masih perlu dibangun 32 infrastruktur multiplexing yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan TVRI. TVRI akan menyelesaikan pembangunan 17 infrastruktur, sementara Kemenkominfo menyelesaikan 15 infrastruktur.

“Akan siap analog switch off tahap dua dan siap pada saat siaran digital penuh pada 2 November 2022,” kata Menkominfo.

Dari 3 Provinsi tersebut tentunya tidak semua kabupaten/kota yang langsung terdampak, berikut rincian kabupaten/kota yang terdampak penghentian tetap siaran TV analog :

  1. Provinsi Riau
    Kabupaten Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti

  2. Provinsi Nusa Tenggara Timur
    Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka

  3. Provinsi Papua Barat
    Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Baca Juga: Siap-Siap! Menkeu Mulai 'Pungut' Pajak Kripto 1 Mei 2022, Berikut Rinciannya

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Berita Satu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X