Kemenkumham Riau Usulkan 6.648 Napi Dapat Remisi, 35 Napi Akan Bebas

- Sabtu, 23 April 2022 | 12:26 WIB
Ilustrasi remisi narapidana. ( dok/Tribunnews)
Ilustrasi remisi narapidana. ( dok/Tribunnews)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau mengusulkan sebanyak 6.648 narapidana untuk mendapat remisi keagamaan di Ramadhan 1443 H.

Hal itu diutarakan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu, Sabtu (23/4), syaratnya narapidana harus berkelakuan baik yang dibuktikan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir, sudah membayar lunas denda dan uang pengganti bagi napi tipikor, serta mengikuti program pembinaan yang ada di lapas/rutan.

Laku, bagi narapidana terorisme, narkoba, dan korupsi ada syarat tambahan, yakni bersedia membantu penegak hukum membongkar tindak pidana yang dilakukan.

Kemenkumham Riau telah mengirimkan usulan 6.648 napi untuk mendapatkan remisi Idul Fitri. Rinciannya, sebanyak 6.622 napi dewasa dan 26 napi anak," kata Jahari.

Baca Juga: Kejari Inhil Bersama YVB Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan, Rini Triningsih: Walau Ada Sedikit Kendala

Dengan rincian, diusulkan 6.613 napi mendapatkan Remisi Khusus (RK) I atau pengurangan masa tahanan dan 35 nantinya mendapatkan RK II atau langsung bebas setelah dikurangi sisa masa tahanan.

Masih dikatakannya, besaran RK Keagamaan adalah 15 hari bagi yang telah menjalani pidana selama 6 sampai 12 bulan, dan 1 bulan bagi yang telah menjalani pidana selama 12 bulan atau lebih dan maksimal didapat adalah 2 bulan.

“Napi yang telah menjalani hukuman selama 6 sampai 12 bulan akan memperoleh remisi 15 hari. Sedangkan napi yang telah menjalani 12 bulan atau lebih, pada tahun kedua hingga ketiga, memperoleh Remisi 1 bulan. Sedangkan pada tahun keempat dan kelima masa pidana memperoleh Remisi 1 bulan 15 hari. Dan tahun keenam dan seterusnya mendapat remisi 2 bulan," singkatnya.

Baca Juga: OSIS SMAN 1 Pusako Taja Amal Bhakti Bulan Ramadhan 1443H di Jalan Lintas Kampung Dosan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X