26 April Tol Pekanbaru-Bangkinang Dibuka Pukul 08.00-16.00 WIB, Khusus Kendaraan Kecil

- Jumat, 22 April 2022 | 21:17 WIB
Sekdaprov Riau, SF Harianto
Sekdaprov Riau, SF Harianto

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Setelah mendapat lampu hijau dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk mengoperasionalkan tol Pekanbaru-Bengkinang, Pemprov Riau langsung bergerak cepat dengan mengadakan rapat penetapan pembukaan tol Pekanbaru-Bangkinang, menghadapi mudik tahun ini.

Dari hasil rapat bersama terebut Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 Kilometer akan dibuka pada tanggal 26 April 2022, mulai pukul 08.00 wib sampai pukul 16.00 wib. Dan tidak semua kendaraan yang boleh melewati jalan tol, hanya kendaraan yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

"Tadi kami sudah mendapat arahan dari pak Gubernur, bahwa jalan tol Pekanbaru-Bangkinang untuk pastinya dibuka tanggal 26 April. Untuk jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka satu jalur. Jadi untuk jurusan Pekanbaru menuju Bangkinang, dibuka mulai dari tanggal 26 April sampai 3 Mei 2022. Sedangkan untuk kembalinya dari Bangkinang menuju Pekanbaru dibuka mulai 4 Mei sampai 11 Mei 2022," ujar Sekdaprov Riau, SF Hariyanto, Jumat (22/4).

Ditegaskan Sekda, jalan tol dibuka khusus untuk kendaraan golongan satu, kendaraan kecil, dan bukan kendaraan besar. Kemudian jalan tol tidak dibuka malam, karena penerangan belum lengkap dan rambu-rambu juga belum lengkap.

“Jangan sampai kita buka malah nanti menjadi permasalahan. Jalan tol dibuka dari Pekanbaru menuju Bangkinang 7 hari, sedangkan sebaliknya lebih dari 7 hari.  Karena kita perkirakan untuk mengantisipasi Hari Raya Enam di Kampar. Jadi saat tradisional itu kita beri kebebasan masyarakat," ungkapnya. 

"Nanti saat dibuka, di jalan tol akan ada pos pengamanan dari pihak kepolisian. Kemudian nanti tanggal 25 April, pak Gubernur dan Forkompinda akan meninjau ke lapangan,” ungkapnya.

(ikln/Jhoni/HRC)
Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, dengan dibukanya tol Pekanbaru-Bangkinang ini, bisa mengurai kemacaten yang terjadi saat mudik. Masyarakat dipersilahkan untuk menggunakannya. 

"insha Allah hari Senin atau Selasa tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka. Tak bayar gratis bagi masyarakat. Untuk saat ini masih dibuka pukul 8 pagi sampai 4 sore karena belum ada lampu penerangnya kalau malam. Saya sudah coba perjalanan di Tol Pekanbaru-Bangkinang, lebih kurang hanya 30 menit," kata Gubri. 

(ikln/Jhoni/HRC)

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X