BIN Gelar Vaksinasi Masal Bersama BRK, OJK dan BI, Vaksin Booster Dari Pandemi Menuju Endemi

- Rabu, 20 April 2022 | 17:21 WIB
Kepala BIN, OJK, BI dan BRK meninjau pelaksanaan vaksin di Gedung Menara Bank Riau Kepri
Kepala BIN, OJK, BI dan BRK meninjau pelaksanaan vaksin di Gedung Menara Bank Riau Kepri

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riu bersama Badan Inteligen Negara (BIN), Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Bank Riau Kepri (BRK) kembali mengadakan vaksinasi masal, untuk meningkatkan herd imunity, terutama untuk vaksin booster bagi masyarakat yang akan mudik, di gedung menara Bank Riau Kepri, Rabu (20/4).

Kepala BIN Riau, Brigjen TNI Amin Setia Budi, mengatakan, pihaknya menggandeng Perbankan yang ada di Riau, dengan menyediakan 2.000 vaksin, di dua tempat yakni di gedung Manara BRK 1.000 vaksin dan di Hotel Novotel 1.000 vaksin. Kegiatan ini selain diberikan kepada seluruh karyawan dan keluarga karyawan, termasuk masyarakat yang masuk dalam data klien BIN seminggu yang lalu.

“Vaksin covid-19 ini, berkat gabungan kerjasama dari Badan Intelijen Negara, OJK, BI dan BRK, dukungan telah diterima Nakes dan vaksin. Ini juga sebegai bentuk tanggungjawab moral bersama, untuk bakti sosial program pemerintah percepatan vaksinasi,” ujar Setia Budi, didampingi, Kepala BI Muhamad Nur, kepala Kantor OJK Lutfi, dan Direktur Kredit Syariah, Tengku Irawan.

“Ini pertama kali dilaksanakan dalam menuju booster bagi masyarakat yang akan mudik. Animo masyarakat yang tidak diberikan pencerahan dan penjelasan bagaimana terpapar atau bagaiman hers imunity masih rendah. Perlu memasifkan program pemerintah vaksinasi,” tambahnya.

Dijelaskan Setia Budi, saat ini di Provinsi Riau tingkat vaksin 1 sudah hampir 100 persen, begitu juga dengan vaksin 2 mencapai 80 persen. Namun untuk vaksinasi booster masih diangka 12 persen, sehingga perlu dilakukan percepatan vaksin booster termasuk bagi masyarakat yang belum menyelesaikan vaksin 1 dan 2.

“Sekarang kita akan menuju masa dari pandemi ke endemi, sehingga perlu dilakukan percepatan vaksin. Kita sudah dua tahun empat bulan berjuang menghadapi Covid-19 yang sampai sekarang ancaman ini masih ada. Tapi dengan meningkatnya herd imunity setelah di booster, apalagi sekarang yang mau mudik harus booster,” tegas Setia Budi.

Sementara itu, Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, mengatakan, saat ini kasus covid-19 di Provinsi Riau telah melandai. Termasuk tingkat vaksinasi di Riau cukup tinggi, dimana untuk vaksin 1 mencapai 97,77 persen, dan vaksin 2 mencapai 75 persen.

“Hanya saja untuk vaksin booster di Riau masih diangka 12,67 persen, untuk itu harus mengejar dosis booster paling tidak sama denagn dosis 2, harus kejar-kejaran mencapai dosis booster. Kita sudah mengupayakan kegiatan dalam mencapai booster dengan membuka rumah vaksin 24 jam. Perlu penguatan terutama era mudik, bagi masyarakat yang akan mudik, masyarakat dianjurkan booster,” kata Masrul Kasmy.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB
X