Budayakan Rajin Baca Al Qur'an Ribuan Warga Tumpah Ruah Ikuti Riau Mengaji

- Minggu, 17 April 2022 | 19:05 WIB
Kegiatan Riau Mengaji yang dihadiri oleh ribuan warga di Kota Pekanbaru (Nie/HR)
Kegiatan Riau Mengaji yang dihadiri oleh ribuan warga di Kota Pekanbaru (Nie/HR)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Meski sempat di guyur hujan pagi dini hari, kegiatan Riau Mengaji yang dihadiri oleh ribuan warga di Kota Pekanbaru berjalan lancar dan khidmat. Kegiatan mengaji tersebut digelar di trotoar Tugu Pahlawan, tepat di depan rumah dinas Gubernur Riau, Syamsuar, Minggu (17/4).

Terlihat ribuan masyarakat sudah memenuhi trotoar di Jalan Diponegoro sejak pukul 06.00 WIB. Mereka datang dari berbagai kelompok pengajian dan anak-anak komunitas penghafal Al-Qur'an.

Warga yang tergabung dalam acara Riau Mengaji itu datang untuk membaca Al-Qur'an dan mendengar tausiah. Sejumlah tokoh Riau ikut hadir, salah satunya Anggota DPR RI asal Riau, Achmad dan lainnya.

Dikatakan Ketua Riau Mengaji, dr Diana Tabrani bahwa Riau mengaji ini digelar tak ubahnya seperti yang sudah dilakukan di Yogyakarta.

Baca Juga: Gaji Guru Bantu Dikdas 9 Daerah Sudah di Transfer, Hanya Menyisakan Kuansing, Kampar dan Rohil

"Insiprasi ini datang dari kegiatan Jogja Mengaji beberapa waktu lalu. Kita lihat positif dan kita buat Riau Mengaji," kata Diana, Minggu (17/4).

Diana menyebut Riau identik dengan islam. Untuk itu, kegiatan Riau Mengaji juga harus ditanamkan di Bumi Melayu.

"Kita tahu Melayu ini identik dengan Islam, kita ingin membumikan Al-Quran di tanah Melayu. Harapannya ini dapat diamalkan oleh semua usia, tua, muda, bapak-bapak atau ibu-ibu semua," katanya.

Diana juga menjawab pro dan kontra mengaji di trotoar. Dia menilai karena mengaji masih belum jadi budaya dan masih menilai mengaji hanya di rumah dan masjid.

"Jalan Diponegoro ini jalan favorit di Kota Pekanbaru, semua melalui jalan besar ini. Kita musti membudayakan. Baca Al-Qur'an tidak hanya di rumah, masjid saja, di jalan bisa, di bus, di halte dan kantor. Karena ini belum jadi budaya ya biasa jadi pro kontra," kata Diana.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X