Ramadhan Diskes Buka Rumah Vaksin 24 Jam, Gubri: Beri Kesempatan Masyarakat Vaksin Pertama dan Booster

- Sabtu, 2 April 2022 | 18:57 WIB
Gubri Syamsuar, didampingi Kadiskes Riau, Zainal, memotong Pita tanda diresmikannya rumah vaksin selama bulan Ramadhan, di Kantor Dinas Kesehatan Riau
Gubri Syamsuar, didampingi Kadiskes Riau, Zainal, memotong Pita tanda diresmikannya rumah vaksin selama bulan Ramadhan, di Kantor Dinas Kesehatan Riau

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau, terus menggesa peningkatan vaksinasi bagi masyarakat Riau. Termasuk pada bulan Ramadhan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, tetap membuka pelayanan vaksin bagi masyarakat selama 24 jam, dengan membuka Rumah vaksin di Dinas Kesehatan Provinsi Riau, di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, setiap hari selama bulan Ramadhan.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, dengan hadirnya Rumah Vaksin ini, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang belum vaksin pertama, kedua dan bosster. Sejauh ini antusias masyarakat untuk divaksin cukup tinggi setiao harinya, dan diharapkan pada bulan Ramadhan tidak terjadi penurunan vaksin yang signifikan.

“Saya mengapresiasi, kepada Dinas kesehatan yang telah mempersiapkan ini, memang ada kekhawatiran kita menurun vaksinasi di bulan Ramadhan. Oleh karena itu ingin juga adanya iktiar, dan usaha untuk meningkatkan jumlah vaksinasi setiap harinya,” ujar Gubri, saat meresmikan Rumah Vaksin di Kantor Disdik Riau, Sabtu (2/4).

“Upaya seperti ini mudah-mudahan bisa bermanfaat, apalagi kita tau data sekarang vaksin pertama tinggi, tapi vaksin kedua belum sampai 90 persen, termasuk lansia anak anak apalagi boster. Ini dalam rangka meningkatkan jumlah vaksinasi ditengah melaksanakan ibadah puasa, masyarakat kita masih banyak memerlukan vaksinasi,” tambahnya.

Dijelaskan Gubri, Rumah Vaksin yang diadakan oleh Diskes Riau ini merupakan yang pertama diadakan di Riau, bahkan di Indonesia. Dan kegiatan ini bisa menjadi percontohan bagi Kabupaten Kota lainnya untuk membuat Rumah Vaksin, agar vaksinasi tidak terputus selama bulan Ramadhan.

“Ini yang pertama kali diasaka, Rumah vaksin ini memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi, termasuk warga yang datang ke Riau bisa memanfaatkan vaksinasi. Daerah lain diharapkan juga ikut membuat Rumah Vaksin, yang dibuka selama 24 jam agar dimanfaatkan masyarakat yang dalam perjalanan,” kata Gubri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal, menjelaskan, rumah vaksin yabg dibuka selama 24 jam ini juga dilengkapi dengan petugas medis. Masyarakat yang mau divaksin bisa memanfaatkannya mulai dari jam 08,00 WIB pagi, hingga pukul 05.00 WIB subuh.

“Rumah vaksinasi ini dibuka 24 jam, selama bulan Ramadhan. Jadi ketika bulan puasa tidak perlu terjadi stagnan vaksinasi, atau penurunan vaksin. Upaya dengan melakukan rumah vaksin ini dijalankan setelah berbuka atau menjelang sahur. Dari Jam 8 pagi sampai jam 5 pagi, tenaga media kita dibagi tiga sift,” kata Zainal.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB
X