Biosolar Langka, Fraksi PKS Gelar FGD dengan Pertamina: Ini Penyebabnya

- Sabtu, 2 April 2022 | 14:58 WIB


HALUANRIAU.CO, RIAU - Merespon terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis biosolar, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F - PKS) DPRD Provinsi Riau menggelar Focus Group discussion (FGD) dengan Humas PT Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Agustiawan, di Ruang Rapat Fraksi PKS DPRD Riau, pada Rabu 30 Maret 2022.

Hadir pada pertemuan tersebut Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar, Bendahara Fraksi PKS Adam Syafaat, Anggota Fraksi PKS Sofyan Siroj Abdul Wahab dan Staf Ahli Fraksi, Idral.

Di hadapan Anggota Fraksi PKS DPRD Riau, Agustiawan mejelaskan penyebab kelangkaan biosolar. Sehingga mengakibatkan konsumen sulit mendapatkan biosolar di sejumlah wilayah di Riau.

Mengawali pemaparannya, Agus Setiawan menyampaikan, untuk penyaluran solar sendiri berjalan lancar dari Pertamina tidak masalah. Namun Agus mengungkapkan bahwa ada pengurangan kuota biosolar di Riau pada tahun 2022. Tapi dikatakannya stok masih aman.

Baca Juga: Cantik Alami, Berikut 17 Tips Memutihkan Kulit Dengan Bahan Terjangkau

Selain itu, Gubernur Riau juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE Gubri 272/SE/ESDM/2021 tentang penyaluran JBT biosolar. SE tersebut mengatur jenis-jenis kendaraan yang dilarang menggunakan biosolar. Seperti Kendaraan industri pengangkut hasil perkebunan, CPO, pertambangan dan kendaraan Dinas Pemerintah terkecuali mobil layanan seperti ambulans.

Lantas yang menjadi pertanyaan, apa penyebab kelangkaan biosolar ?. Anggota DPRD Riau F-PKS Sofyan Siroj dan Adam Syafaat menduga ada beberapa faktor.

Pertama ialah, Sofyan Siroj menilai pengurangan kuota juga menjadi penyebabnya, sementara demand atau kebutuhan biosolar semakin meningkat.

Info terbaru, melansir dari infopublik.id, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar telah menyampaikan surat usulan penambahan kuota jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu Biosolar Tahun 2022 sebesar 884.590 KL kepada Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas (BPH Migas), dengan nomor surat 541/DESDM-02/765.

Baca Juga: Menilik Obat Mujarab, Inilah 5 Khasiat Daun Beluntas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X