Bulan Puasa Siswa Masuk Selama Dua Minggu, Seluruh Sekolah Mengadakan Kegiatan Pesantren Kilat

- Selasa, 29 Maret 2022 | 16:43 WIB
Kadisdik Riau, Kamsol
Kadisdik Riau, Kamsol

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Dinas Pendidikan Provinsi Riau, telah menerima salinan pelaksanaan proses belajar mengajar dan libur sekolah selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Dan disesuaikan dengan pembelajaran tatap muka terbatas, dimasa pandemi Covid-19.

Kadisdik Riau, Kamsol, mengatakan, sebelum masuk bulan Ramadhan, siswa diliburkan mulai tanggal 1 April sampai dengan 5 April 2022. Selanjutnya siswa kembali masuk selama bulan Ramadhan pada tanggal 6 April sampai dengan 22 April 2022. Sedangkan untuk jadwal libur bersama lebaran dimulai 25 April sampai dengan 7 Mei 2022, dan kembali masuk sekolah tanggal 9 Mei.

“Sesuai dengan kalender pendidikan yang telah dikeluarkan, prosea belajar mengajar selama bulan Ramadhan tetap berjalan. Liburnya saat akan masuk Ramadhan, dan seminggu menjelang Idul Fitri. Satuan pendidikan merencanakan jadwal pembelajaran tatap muka terbatas setiap hari, maksima pelajaran 6 jam perhari,” ujar Kamsol, Selasa (28/3).

Dijelaskan Kamsol, selain proses belajar mengajar sesuai mata pelajaran, sekolah juga melaksanakan kegiatan pesantren kilat dan kegiatan keagamaan lainnya. Kegiatan pesantren kilat dilaksanakan sebelum, atau sesudah proses belajar mengajar tatap muka terbatas.

 

“Jadi selama bulan Ramadhan, seluruh sekolah mengadakan pesantren kilat, dengan cara diblok harian sesuai dengan proporsi pembagian, jam belajar dan kegiatan. Selama pesantren kilat seluruh siswa dan guru-guru tetap menjalani protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19,” jelas Kamsol.

 

Pelaksanaan pesantren kilat bisa dilaksanakan di luar rungan dengan protokol kesehatan yang ketat. Atau didalam ruangan kelas juga dengan prokes. Dan dapat juga difasilitasi menjadi kegiatan bersama video conference, baik melalui zoom meeting, atau google meet.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X