Terima Pengaduan 10 Perawat Dipaksa Mundur, Disnakertrans Akan Pelajari Dari Pihak RS Santa Maria

- Jumat, 18 Maret 2022 | 11:31 WIB
Kadisnakertrans Riau, Imran Rosyadi
Kadisnakertrans Riau, Imran Rosyadi

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau menerima pengaduan dan laporan dari 10 perawat di Rumah Sakit (RS) Santa Maria, terkait dugaan pemaksaan pengunduran diri mereka oleh manajemen RS Santa Maria.

Kadisnakertrans Riau, Imran Rosyadi, mengatakan, pihaknya akan mempelajari laporan dari perawat RS Santa Maria. Jika menyalahi aturan yang dilakukan oleh pihak RS maka akan ada surat ke pihak RS. Namun jika sebaliknya, sudah ada perjanjian dalam klausul kontrak awal perawat dengan RS maka akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berkaku.

"Kami telah menerima laporan dari para perawat RS Santa Maria. Tapi Kami tentunya akan menelaah dan mempelajari terkait laporan itu. Nantinya, sejumlah pihak yang berkompeten akan dipanggil untuk dikonfirmasi,” kata Imran.

Dijelaskan Imran, sejauh ini pihaknya telah menyelesaikan berbagai permasaahan Pemutusan Hubung Kerja (PHK). Dan hasilnya ada yang dimenangkan oleh perusahaan, ada yang dimenangkan oleh karyawan. Namun semuanya kembali pada aturan yang berlaku, baik di perusahaan, karyawan dan undang-undang ketenagakerjaan.

"Inikan masalah HI (hubungan industrial-red). Tentu kami akan menyelesaikannya dengan baik. Kita tidak akan berpihak kemanapun, mana yang benar itu yang dimenangkan. Itulah perlunya ditelaah dengan benar,” tegas Imran.

Untuk diketahui, para perawat itu mendatangi Kantor Disnakertrans Riau untuk melaporkan tindakan sewenang-wenang manajemen RS Santa Maria. Mereka mengadukan dipaksa berhenti bekerja saat mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

 

Nora, salah satu perawat mengatakan dirinya dipaksa membuat surat pengunduran diri lantaran mengikuti tes CPNS tersebut beberapa waktu lalu. Padahal menurutnya dirinya dan sejumlah perawat kian tidak merasa melakukan pelanggaran.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X