Kemenkunham Riau Sosialisasi Perseroan Legalitas UMKM

- Rabu, 2 Maret 2022 | 16:14 WIB
Sosialisasi Perseroan Perorangan (Media Center Riau)
Sosialisasi Perseroan Perorangan (Media Center Riau)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau kembali menggelar sosialisasi Perseroan Perorangan, Selasa (1/3/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema 'Perseroan Perorangan sebagai salah satu wujud legalitas bagi Usaha Mikro Kecil (UMK)'. Kegiatan ini dibuka Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Siti Cholistyaningsih yang diikuti UMK dari berbagai jenis usaha di Riau.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai Perseroan Perorangan.

Memberikan pemahaman kepada peserta, Kadiv Yankumham menyampaikan bahwa Perseroan Perorangan adalah wujud implementasi dari UU Cipta Kerja dimana didirikan oleh satu orang dan memiliki satu pemegang saham.

Baca Juga: Banyak Alami Kerusakan, Instansi Terkait Pastikan Perbaikan Jalan Lintas Siak Selesai Sebelum Lebaran

Lanjut Kadict, bahwa Perseroan Perorangan hanya dapat didirikan untuk usaha mikro dan kecil dengan modal dasar yang tidak ditentukan.

Perempuan akrab disapa Nining ini mengatakan, Perseroan Perorangan merupakan peraturan terbaru dimana badan usaha dapat didirikan hanya dengan satu orang saja dan tidak memakai akta notaris.

“Masyarakat dapat menjadi direktur hanya cukup mempunyai KTP, NPWP, email aktif dan membayar PNBP Rp. 50.000,” ungkap Kadiv.

Siti menjelaskan, bagi masyarakat yang memiliki Perseroan Perorangan ini, nantinya mempunyai kewajiban untuk melaporkan hasil penjualannya dan dikenai pajak yang lebih rendah daripada Perseroan Terbatas (PT) pada umumnya. 

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB
X