Selama Dua Minggu ke Depan Polda Riau Gelar Ops Keselamatan Lancang Kuning 2022

- Rabu, 2 Maret 2022 | 13:57 WIB
Operasi Lancang Kuning (Media Center Riau)
Operasi Lancang Kuning (Media Center Riau)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Selama dua pekan ke depan, Polda Riau dan jajaran menggelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning. Operasi ini dimulai 1 Maret 2022 hingga 14 Maret 2022.

Untuk mengoptimalkan tujuan kegiatan, Polda melibatkan 840 personil. KapoldaRiau Irjen Pol Mohammad Iqbal melalui Kabid Humas Kombes  Sunarto menerangkan bahwa tujuan operasi ini di seluruh wilayah Polda Riau dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Saat bertugas, seluruh personel ujar Kabid Humas akan melakukan penindakan hukum dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, persuasif dan humanis. 

“Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Sunarto

Baca Juga: Aturan JHT Hanya Boleh Cair Usia 56 Tahun Dibatalkan

Perwira akrab disapa Narto ini merincikan, personel yang turun akan menerapkan delapan prioritas selama pelaksanaan operasi, masing-masing pengendara yang tidak menggunakan helm.

Seterusnya, pengendara yang melebihi batas kecepatan, mengemudikan kendaraan belum pada waktunya, tidak memakai sabuk keselamatan. Selanjutnya, pengemudi yang dalam keadaan mabuk dan pengedara yang ditemukan bermain HP dan kendaraan tidak sesuai peruntukannya.

“Selain tujuan meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunkan angka pelanggaran lalu lintas. Tujuannya juga untuk menurunkan penyebaran Covid-19,” jelas Narto.

Sedangkan yang menjadi sasaran operasi adalah segala bentuk potensi gangguan yang dapat menghambat dan mengganggu keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta penyebaran Covid-19.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X