Zakat Pegawai Tidak Diserahkan Secara Utuh ke Baznas, Oknum Pegawai Bapenda Diperiksa Inspektorat

- Selasa, 1 Maret 2022 | 10:23 WIB
Kepala bapenda Syahrial Abdi
Kepala bapenda Syahrial Abdi

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau telah mengeluarkan Intruksi Gubernur Riau tentang pemotongan gaji pegawai sebesar 2,5 persen, untuk zakat pegawai. Namun sayangnya dana zakat yang seharusnya diserahkan ke Badan Amil Zakat, tidam diserahkan secara utuh oleh salah seorang pegawai di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau.

Kepala Bapenda Riau, Syahrial Abdi, membenarkan adanya pemotongan dana Zakat oleh mentan Bendahara di Bapenda Riau, yang tidak menyerahkan secara utuh dana Zakat dari gaji pegawai yang dipotong setiap bulannya.

“Kejadian ini terjadi dua tahun lalu, dana Zakat dari gaji pegawai tidak disetorkan oleh pegawai yang bertanggungjawab menyetorkan dana Zakat pegawai ke Baznas,” ujar Syahrial Abdi, Selasa (1/3).

Dijelaskan Syahrial, saat ini pegawai tersebut telah diperiksa oleh Inspektorat, untuk selanjutnya Inspektorat yang akan menindaklanjuti anggaran dana tersebut mengalir kemana saja, dan berapa besar yang tidak diserahkan ke Baznas.

 

“Kita tunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat, dana Zakat itu kemana dialirkannya, apakah untuk pribadi atau untuk yang lain. Yang jelas harus dikembalikan, termasuk sangsi yang akan diterimanya jika terbukti mengambil dana zakat tersebut. Kita tunggu hasil pemeriksaannya,” kata Syahrial Abdi.

 

Untuk diketahui, dari pemberitaan yang beredar, pegawai yang melakukan pemotongan dana zakat tersebut merupakan pegawai di Bappenda yang sebelumnya menjabat sebagai Bendahara. Diperkirakan Zakat yang terkumpul dari pemotongan gaji pegawai sebesar Rp1,4 Miliar, namun yang disetor ke Baznas sebesar Rp300 juta.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X