406 ASN Pemprov Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19, WFH Sudah Diberlakukan

- Rabu, 23 Februari 2022 | 19:43 WIB
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto saat menyaksikan swab masal terhadap pegawai PUPR PKPP
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto saat menyaksikan swab masal terhadap pegawai PUPR PKPP

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, telah memberlakukan Work from home (WFH), setelah ditemukannya kasus terkonfirmasi positif terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemprov Riau. Dan tercatat pada hari Rabu (23/2) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 406 ASN terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan membenarkan kasus tertinggi pegawai terkonfirmasi positif 406 pegawai diseluruh OPD termasuk di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) 115 orang positif Covid-19, setelah dilakukan swab masal.

“Ya laporan dari seluruh pegawai diseluruh OPD yang masuk kepada kita ada sebanyak 406 pegawai yang positif Covid-19. Untuk mengantisipasi penyebarannya sudah diberlakukan WFH 50 persen,” kata Ikhwan Ridwan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto, mengatakan, pemberlakuan WFH sudah dimulai pekan ini, agar tidak terjadi penularan yang lebih masiv dilingkungan Pemprov Riau, mulai diberlakukan WFH 50 persen. Dan setiap pegawai yang WFH akan tetap dipantau melalui dinas masing-masing sesuai kinerja, dan setiap hari dilaporkan ke BKD, selanjutnya dilaporkan ke Gubernur Riau.

Baca Juga: Atletico vs MU: Bibit Muda Berhasil Selamatkan Muka Setan Merah dari Kekalahan

“Memang sudah dilakukan WFH itu 50 persen, artinya seluruh pegawai nanti kita atur ada jadwanya per OPD dan menyampaikan ke BKD setiap harinya, tapi dengan catatan WFH ini harus bikin laporan kepada atasan, dan atasan lapor kepada kami dan apabila ditemukan pegawai WFH dan jalan-jalan ke Mall nanti kita tegur, edaran sudah dijalankan,” kata Sekda SF Hariyanto.

Dijelaskan Sekda, pihaknya telah menjalankan swab masal selama dua hari di Dinas PUPR PKPP dan terdapat 115 pegawai yang pasitif Covid-19, yang diduga Omicron. Penyebaran yang cukup cepat inilah yang harus segera di antisipasi dengan mengadakan swab masal, setiap pegawai yang terkonfirmasi isolasi mandiri dan isolasi terpusat.

“Kalau ini kita biarkan Omicron inikan cepat menyebarnya bisa lumpuh ni Dinas PUPR dan dina lainnya karena positif, masing-masing OPD juga nanti kita swab semua, jangan sampai ada yang ketinggalan semua diswab. Ada satgas Covid, satgas ini bisa menerima laporan dari masing-masing OPD, satgas akan menelaah apakah nanti ada isolasi terpusat atau isolasi mandiri. Dan ini juga kita sudah rapat bagai pegawai yang terdampak obat-obatan kita bantu semuanya, termasuk tesnya yang terpenting semuanya harus Prokes,” tegas Sekda, yang juga Plt Dinas PUPR PKPP.

Pada kesempatan tersebut Sekda menghimbau masyarakat ikut bersama menjaga protokol kesehatan. Saat ini Kota Pekanbaru masu dalam PPKM level 3, begitu juga dengan daerah lainnya. Jangan sampai Riau masuk dalam PPKM level 4, yang dapat menghambat berjalannua roda peremonomian.

“Jadi kita akan ada pemantauan oleh Satpol PP, bagi pegawai yang WFJ dan jalan keluar, ini kita jagalah jangan sampai nanti naik ke level 4 kalau PPKM level 4 ekonomi kita ambruk, nah kita malam tak bisa keluar lagi, jalan disekat. Kita harapkan masyarakat jaga diri kalau memang sakit isolasi mandiri, kalau takut dirumah isoter, dan kita sudah siapkan semua tempat isolasi bahkan sampai seribu lebih,” tegas Sekda lagi.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X