Cegah Gajah Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, BBKSDA Riau Tanam Pohon Pisang

- Senin, 21 Februari 2022 | 15:45 WIB
 (Media Center Riau)
(Media Center Riau)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau dan pengelola Tol Pekanbaru-Dumai menanam pohon pisang di bibir underpass gajah. Ratusan pohon itu ditanam untuk mencegah gajah melintas di tol.

Penanaman pohon dilakukan BKSDA Riau sejak pagi tadi di KM 61-74 Tol Pekanbaru-Dumai. Jalur sepanjang 4 KM itu diketahui sebagai wilayah perlintasan gajah liar dari kantong gajah di Balai Raja dan Giam Siak Kecil.

"Hari ini kami dan pengelola tol menanam batang pisang untuk memperbanyak pakan gajah. Ada 600 bibit pisang ditanam," kata Plt Kepala BBKSDA Riau, Fifin Afriana saat ditemui di lokasi bersama Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Komunikasi Digital dan Media Sosial, Afni Zulkifli, Senin (21/2/2022).

Fifin mengatakan dari total 4 KM lintasan gajah, terdapat lima underpass yang dapat dilalui. Namun, ia mengaku tak bisa untuk menghalangi gajah jika tetap melintas di ruas tol yang dikelola Hutama Karya (HK).

Baca Juga: KKB Tembak Warga dan Petugas, Ini Permintaan Kapolda Papua pada Bupati Puncak

"Jadi jalan tol membelah homering gajah sepanjang 4 KM. Sepanjang itu ada lima underpass, ya jangan kita berfikir lintasan gajah itu hanya di underpass. Sepanjang 4 KM itu adalah lintasan gajah dan kita tidak bisa halangi dia mau melintas di tol," tegas Fifin.

Kendati demikian, Fifin telah berkoordinasi dengan pengeloka tol untuk ikut terlibat dalam penanganan gajah sumatera. Sebab tidak menutup kemungkinan gajah kembali melintas di daerah tersebut.

"Ini upaya kita, maka kita kasih pakan, kita kasih kubangan dan kita pasang GPS solar dan tanam jeruk. Bahkan ke depan nanti masyarakat sekitar dan pengelola jalan tol kita latih untuk menangani kalau ada gajah melintas," katanya.

Selain penanaman pohon pisang, BBKSDA juga akan membahas tindaklanjut dengan pengelola jalan tol. Termasuk berbagai kemungkinan kebijakan agar gajah-gajah liar tersebut tidak membahayakan para pengendara dan sebaliknya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X