2,5 Persen Gaji ASN Muslim di Riau Dipotong untuk Baznas

- Senin, 14 Februari 2022 | 18:32 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar (Instagram @syamsuar.official)
Gubernur Riau, Syamsuar (Instagram @syamsuar.official)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menggerakkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk mengeluarkan sebagian dari gajinya untuk bersedekah.

Orang nomor satu di Riau ini juga menjelaskan, bahwa gaji ASN yang beragama islam akan secara otomatis dipotong 2,5 persen secara otomatis setiap bulannya untuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Baznas ini membantu kita untuk kembali ke jalan yang benar. Diantaranya dengan pemotongan 2,5 persen gaji untuk Baznas," kata Gubri di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (14/2/2022).

Sebelumnya, kata Gubri, pihak Basnaz sempat meminta agar pemotongan gaji untuk bersedekah ini dilandasi dengan surat pernyataan kesediaan dari para pegawai yang nanti gajinya akan dipotong.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 per 14 Februari 2022 Bertambah 36.501

Namun, menurut Gubri hal itu tidak diperlukan. Sebab, sudah selayaknya umat muslim untuk menyisihkan sedikit dari gajinya untuk bersedekah.

"Saya bilang tidak perlu pakai surat pernyataan, pokoknya kalau agamanya islam, otomatis langsung dipotong 2,5 persen untuk Basnaz. Misal, Syamsuar, agama islam, langsung terpotong juga," jelasnya.

Dengan demikian, Gubri berharap pengumpulan dana melalui Baznas ini dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat miskin.

"Alhamdulillah lewat Baznas, kita bisa membantu masyarakat miskin yang tidak terakomodir dalam regulasi. Seperti memberikan beasiswa pendidikan dan membantu fakir miskin," jelasnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X