Disaksikan Presiden RI, Syamsuar Bacakan Komitmen Percepatan Rehabilitasi Mangrove

- Rabu, 9 Februari 2022 | 14:00 WIB
Gubri Syamsuar membacakan komitmen rehabilitasi Mangrove pada puncak HPN di Kendari, Rabu (9/2).
Gubri Syamsuar membacakan komitmen rehabilitasi Mangrove pada puncak HPN di Kendari, Rabu (9/2).

HALUANRIAU.CO, KENDARI-Gubernur Riau, Syamsuar, kembali mendapat kehormatan pada puncak hari Pers Nasional (HPN), setelah mendapatkan penghargaan sebagai Inisiator Olahraga Indonesia, Gubri didaulat mewakili 9 Gubernur membacakan komitmen Pemerintah Provinsi dalam percepatan Rehabilitasi Mangrove, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2).

Pembacaan Komitmen tersebut dibacakan Gubri Syamsuar, dihadapan Presiden RI Joko Widodo, yang hadir secata virtual. Isi komitmen yang dibacakan Gubri, yaitu penandatanganan komitmen pemerintah Provinsi untuk mendukung upaya rehabilitasi mangrove.

Menyadari arti penting hutan mangrove untuk kesejahteraan masyarakat, terutama kalangan nelayan dan fungsi mangrove sebagai pelindung wilayah terluar dari abrasi serta tingginya kemampuan mangrove dalam mengurangi emisi karbon.

“Maka sembilan provinsi itu berkomitmen mendukung upaya percepatan rehabilitas Mangrove, mendorong partisipasi masyarakat dalam pelestarian dan pemanfaatan ekosistem mangrove sesuai kaidah yang berkelanjutan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi niat baik dan komitmen kami. Kendari, 9 Februari 2022," ujar Gubri saat membacakan komitmen.

“Kami yang membuat komitmen, Gubernur Provinsi Riau, Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Provinsi Bangka Belitung. Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Gubernur Provinsi Papua dan Gubernur Provinsi Papua Barat,” tambah Gubri.

Kadis LHK Riau, Mamun Murad menanam Mangrove mewakili Gubernur Riau di Kendari
Usai peringatan Puncak hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual, dilanjutkan dengan penanaman Mangrove di tepian laut tempat acara HPN. Gubernur Riau, diwakilkan oleh Kadis LHK Provinsi Riau, Mamun Murad, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Kadis LHK Riau, Maamun Murad, mengatakan, Provinsi Riau termasuk salah satu daerah yang memiliki pulau yang sangat luas, begitu juga dengan bibir pantainya juga panjang. Sehingga diperlukan keseriusan dan komitmen, dalam upaya rehabilitasi Mangrove. Apalagi Gubernur juga telah membacakannya dihadapan Presiden.

“Ini bentuk komitmen kita di Provinsi Riau dalam rehabilitasi Mangrove, dan menjadikan Riau hijau. Ini akan kita implementasikan dilapangan, diwilayah-wilayah Riau yang rawan terhadap abrasi. Kita sudah memulainya sebelum komitmen ini dibacakan langsung oleh pak Gubernur. Penanaman Mangrove sangat penting, apalagi sekarang sudahmenjadi mata pencarian bagi masyarakat di daerah pesisir,” ujar Murad.

Penanaman Mangrove di Kendari sebanyak 20 ribu tanaman mangrove yang ditanam dengan luas 4 hektar dan jarak tanam 2 x 1 meter. Untuk jenis Mangrove yang ditanam ada 2 jenis, yaitu Mangrove Rhizophora Mucronata dan Rhizophora Apiculata.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X