Kembali Ditemukan 1 Kasus Positif Omicron, 143 Kasus Terindikasi Probable Imicron

- Kamis, 3 Februari 2022 | 20:33 WIB
Plt Kadiskes Masrul Kasmi
Plt Kadiskes Masrul Kasmi

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kasus penambahan pasien terkonfrimasi positif Covid-19 di Provinsi Riau kembali naik lagi, setelah sempat dalam beberapa dua hari ini turun. Untuk hari Kamis (3/2) terdapat penambahan 93 kasus positif Covid-19. Meningkatnya kasus Covid-19 ini diindikasikan varian baru Omicron, atau probable Omicron.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Masrul Kasmi, mengatakan, dari data yang masuk ke Diskes Riau, kasus terkonfirmasi positif yang terbanyak dari Kota Pekanbaru 73 kasus, dan dari luar Riau 10 kasus. Dari beberapa hari sampel yang masuk tersebut dan terkonfirmasi dinyatakan probable Omicron.

“Ada sebanyak 143 sample kasus yang dikirimkan ke laboratorium Kemenkes semuanya probable Omicron. Dari 143 sample itu satu sudah keluar hasilnya dan dinyatakan varian Omicron. Dan sisanya masih dalam kasus probable Omicron, yang hasilnya nanti ditentukan oleh Kemenkes, sekarang baru satu kasus Omicron, sebelumnya satu warga Pekanbaru hasil pemeriksaan Batam,” ujar Masrul Kasmi.

Dijelaskan Masrul Kasmi, satu kasus Omicron tersebut merupakan warga luar Provinsi Riau yang melakukan perjalanan ke Riau. Dan saat ini warga luar Riau tersebut sudab tidak berada lagi di Riau. Sedangkan warga Pekanbaru hasil pemeriksaan Batam, setelah dilakukan pemeriksaan swab PCR sudah negatif, begitu juga dengan keluarga pasien juga tidak ada terkonfirmasi positif.

“Jadi satu kasus Omicron itu warga luar Provinsi Riau, sekarang sudah tidam berada di Riau. Itu hasil pemeriksaan tanggal 31 Januari dan baru keluar diinformasi dari Labkes Kemenkes. Sejauh inikan penerbangan di Riau sudah mulai banyak, dan setiap penerbangan dilakukan rapid antigen atau swab PCR, dari hasil itulah banyak yang terkonfirmasi positif probable Omicron,” kata Asisten I Setdaprov Riau ini.

Untuk mencegah terjadinya lebih banyak penularan kasu Omicron kata Masrul Kasmi, Satgas penanganan Covid-19 telah melakukan tracing dan testing terhadap pasien yang terkonfirmasi positif. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk selalu menaati protokil kesehatan.

“Untuk pencegahannya di Riau pertama sebagaimana dilakukan pencapaian target 100 persen vaksinasi. Karena kalau maksimal itu paling tidak kalau tekena omicron lebih ringan. Selain itu prokes yang ketat terkait itu. Langkah selanjutnya yang diduga terkonfirmasi positif melakukan isolasi mandiri dan isolaso terpusat. Isoter yang kita siapkan isolasi ternyata banyak yang menolak lebih senang isolasi mandiri, tapi tetap dalam pengawasan,” kata Masrul Kasmi.

 

Dengan bertambahnya 94 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, maka total terkonfirmasi  128.910 kasus. Sedangkan untuk pasien yang sembuh bertambah 5 orang total pasien sembuh 124.470 orang dan untuk pasieng yang meninggal dunia tidak terdapat pasien meninggal, total masih 4.125 pasien yang meninggal akibat Covid-19.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X