Terkait Kebun Inti Plasma Sudah Sertifikat, Gubri Harap Tidak Perlu Melalui Proses TORA

- Jumat, 28 Januari 2022 | 08:41 WIB
Gubri Syamsuar, saat mengadakan rapat bersama Mentri ATR/BPN secara virtual
Gubri Syamsuar, saat mengadakan rapat bersama Mentri ATR/BPN secara virtual

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, mengharapkan dukungan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), terkait permasalahan tanah yang sudah memiliki sertipikat seperti lahan-lahan kebun inti plasma di beberapa daerah.

Hal tersebut disampaikan Gubri, saat sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022 dengan Tema "Peran Pemerintah Daerah dalam Menyukseskan Program Strategis PTSL Menuju Terwujudnya Kesejahteraan Rakyat" secara Virtual.

Gubri mengatakan, bahwa pihaknya telah konsultasi kepada Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang mana petunjuknya dari konsultasi tersebut bisa diproses melalui Tanah Objek Reforma Agraria (TORA). Namun itu tidak perlu lagi proses melalui TORA, karena hal tersebut merupakan kesalahan pemerintah karena sebenarnya bukan termasuk kawasan hutan.

 

"Jadi menurut saya, ada baiknya kebijakan Menteri ATR/BPN, khusus yang berkenaan dengan tanah yang sudah bersertipikat dan ini merupakan kebun plasma harusnya langsung di esekusi saja, artinya ini dikembalikan dan sertipikatnya masih berlaku,” ujar Gubri saat mengikuti Sosialisasi PTSL Tahun 2022 secara virtual di Kediaman, Kamis (27/1)

Dijelaskan Gubri, tanah yang sudah bersertifikat, tidak harus lagi memalui proses TORA, menurutnya ada kekeliruan sehingga perlu diluruskan atau perbaiki. Banyak dari masyarakat yang menjeluh tidak bisa lagi menggunakan lahan hak mereka menjadi hak guba.

"Menurut hemat saya ini tentunya merugikan masyarakat, sehingga masyarakat keberatan karena sertipikatnya seharusnya bisa jadi hak guna menjadi tidak bisa di hak guna," jelasnya.

Merespon apa yang disampaikan Gubernur Riau, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A Djalil, menyatakan sepakat dengan apa yang disampaikan Gubernur Riau.

"Saya sepakat sama pak Gubernur, karena kalau melalui proses TORA tentunya lebih panjang lagi urusannya," kata Menteri ATR/BPN.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

76 Napi di Riau Terima Remisi Hari Raya Waisak

Senin, 16 Mei 2022 | 13:27 WIB
X