Tingkatkan Mutu SDM, Provinsi Riau Terima Program PINTAR dari Tanoto Foundation

- Kamis, 27 Januari 2022 | 20:18 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar menerima buku peluncuran Booklet Lentera Harapan, dari Tanoto Foundation
Gubernur Riau, Syamsuar menerima buku peluncuran Booklet Lentera Harapan, dari Tanoto Foundation

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar, mengapresiasi Tanoto Foundation bidang pendidikan, yang menunjuk Riau sebagai salahsatu Provinsi dari 34 Provinsi yang menerima program Pengembangunan Inovasi untuk Pembelajaran Pendidikan (PINTAR) diantaranya di Kota Pekanbaru, Siak, Bengkalis dan Kota Dumai.

Dijelaskan Gubri dalam arahannya, upaya yang dilakukan Tanoto Foundation melalui Program Pintar, di zaman yang serba digital dan transparan, ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif perl didorong untuk menghasilkan generasi muda yang berdaya saing.

"Melalui program PINTAR ini telah menunjukkan perubahan-perubahan praktik, baik dalam pembelajaran, manajemen berbasis sekolah dan budaya baca di tingkat SD/MI, serta SMP/MTS di Provinsi Riau," ujar Gubernur Syamsuar dalam peluncuran Booklet Lentera Harapan: Kisah Inspiratif Pendidikan dari Bumi Lancang Kuning, Kamis (27/1).

Dikatakan Gubri, melalui Program PINTAR, Provinsi Riau dapat membangun sebuah sistem yang berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah pertama di sekolah-sekolah regular dan sekolah keagamaan.

"Semoga keselarasan dalam bersinergi ini dapat bertahan lama. Kami berharap, dengan terdongkraknya setiap potensi yang dimiliki oleh anak-anak Riau melalui Program Pintar ini, terangkat pula taraf hidup dan kesetaraan dalam memperoleh pendidikan. Semoga buklet ini dapat menjadi rang untuk berdialog soal isu dan mutu pendidikan di Provinsi Riau," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, gubri berharap kepada Tanono Foundation, tidak hanya memberikan program tersebut untuk 4 Kabupaten Kota saja. Tapi diseluruh Kabupten Kota yang ada di Riau. Agar dalam pencapaian pendidikan bagi masyarakat yang memiliki sumber daya manusia yang handal, untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di seluruh Riau.

“Kalau bisa diberikan program ini untuk 12 Kabupaten Kota. Sebagai salahsatu provinsi terluas di Indonesia, sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Riau belum tentu menjamin kualitas sumber daya manusianya (SDM). Sehingga, target dan tantangan besarnya adalah bagaimana melahirkan SD cerdas dan kompetitif melalui pendidikan,” harapnya.

Sementara itu, CEO Global Tanoto Foundation Dr. J. Satrijo Tanudjojo, mengatakan, pendidikan merupakan pondasi utama untuk membangun masa depan anak-anak bangsa. Secara langsung masa depan pembangunan Indonesia ditentukan ole kualitas sumber daya manusia.

"Tantangan pendidikan dasar di Indonesia berakar dari berbagai dimensi, diantaranya pengembangan materi ajar yang belum tepat sasaran, kurangnya minat baca anak didik, serta lemahnya struktur dan kapasitas kepemimpinan sekolah. Dengan hadirnya Program PINTAR ini, kami berkolaborasi dengan pemerintah dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk terus mendorong peningkatan mutu pendidikan guru dan kepala sekolah di tanah air melalui inovasi dan terobosan baru," ungkapny.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

76 Napi di Riau Terima Remisi Hari Raya Waisak

Senin, 16 Mei 2022 | 13:27 WIB
X