Kemenag Pastikan Belum Ada Pemberhentian Perjalanan Umrah, Masih Tetap Dibuka

- Selasa, 18 Januari 2022 | 11:07 WIB
Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin
Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kementrian Agama RI masih terus membuka pelaksanaan Umrah bagi jamaah asal Indonesia, dan hingga saat ini belum ada keputusan untuk memberhentikan sementara pelaksanaan Umrah yang sudah mulai dibuka pada tanggal 8 Januari 2022 lalu.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Mahyuddin, mengatakan, sesuai dengan informasi dari Mentri Agama, tidak ada pemberhentian Umrah seperti yang telah diberitakan. Namun pelaksanannya tetap menerapkan one gate policy (OGP).

“Tidak ada pemberhentian sementara Umrah, masih tetap berjalan setiap jamaah yang akan berangkat tetap satu pintu atau penerapan one gate policy. Proses evaluasi terhadap jamaah umrah yang sudah berangkat dan pulang tetap dijalankan, oleh sebab itu tetap menerapkan one gate policy,” ujar Kanwil Kemenag Riau, Mahyuddin, Selasa (18/1).

Sejak awal dibuka umrah bagi masyarakat Indonesia, untuk di Riau sendiri sudah memberangkatkan sebanyak 54 jamaah dari dua travel, diantaranya travel Amera Meka 25 jamaah, dan Bimalinro Hajar Aswad 29 jamaah umrah.

“Kedua travel umrah ini sudah memberangkatkan jamaahnya mulai tanggal 11 Januari dan 12 Januari. Perjalanan selama pelaksanaan umrah selama 11 hari, termasuk karantina selama tiga hari di Arab Saudi. Untuk jamaah yang pulang dari Umrah di dalam negri juga tetap di Karantina di Jakarta,” jelasnya.

“Sesuai dengan keputusan Satgas Covid-19, setiap pelaku perjalanan dari luar negri termasuk jamaah umrah akan di karantina selama 7 hari. Dalam aturannya hotel tempat Karantina sudah ditetapkan dan sesuai kesepakatan dengan penyelenggara umrah,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pemilik travel Umrah di Pekanbaru, Ibnu Mas’ud, mengatakan, travelnya Muhibbah tetap menyiapkan jamaahnya untuk berangkat menuju tanah suci sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dan pihaknya juga telah mempelajari aturan one gate policy, serta karantinan saat tiba di Saudi Arabia dan tanah air.

 

“Insya Allah, kami tetap jalan sesuai jadwa yang telah ditetapkan. Kami akan mulai memberangkatkan jamaah umrah tanggal 28  Januri ini. Dan semoga akan lebih nyaman, dan lancar melaksanakan Ibadah umrah ditanah suci. Insya Allah Muhibbah berangkatkan sekitar 40 jamaah,” kata Ibnu Mas’ud.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

76 Napi di Riau Terima Remisi Hari Raya Waisak

Senin, 16 Mei 2022 | 13:27 WIB
X