Capaian Vaksinasi Covid-19 di Riau 79,54 Persen, Gubri Syamsuar Awali Vaksin Booster Bagi Lansia

- Rabu, 12 Januari 2022 | 19:47 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar, saat disuntik vaksin Booster
Gubernur Riau, Syamsuar, saat disuntik vaksin Booster

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah pusat telah menyarankan kepada seluruh Provinsi untuk menjalankan program pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk tahap ketiga atau booster. Di Provinsi Riau, Gubernur Riau, Syamsuar menjadi yang pertama melakukan vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Pfizer, Rabu (12/1) di Balai Pelangi, Kediaman Gubernur Riau.

Usai divaksin, Gubri Syamsuar, mengatakan, vaksin Booster tersebut menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, dimana pada hari Rabu (12/1) sudah bisa dilaksanakan vaksin Booster yang diutamakan bagi lansia atau masyarakat rentan lainnya. 

"Sesuai arahan pak Presiden bahwa hari ini sudah bisa dimulai untuk pelaksanaan vaksin Booster, yang diutamakan untuk Lansia dan rentan lainnya. Makanya hari ini kami mulai dari diri kami, dan orang tuan di sekitar sini," ujar Gubri, Syamsuar.

Sebagai orang nomor satu di Riau, Syamsuar mengajak seluruh masyarakat Provinsi Riau khusus lansia untuk dapat menuju fasilitas atau tempat vaksinasi yang disiapkan melaksanakan vaksin Booster. Program ini untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, karena hingga saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Dibeberapa negara bahkan terjadi lonjakan kasus dengan varian baru.

"Apalagi kita tahu saat ini sudah ada virus varian baru Omicron, karena itu apa yang diarahkan pak Presiden agar kita dapat melaksanakan vaksin Booster. Untuk kami berharap masyarakat lansia dan rentan lainnya dapat mengikuti pelaksanaan vaksin Booster. Perlu saya sampaikan, bahwa vaksin Booster ini gratis, dan tidak ada syarat tertentu untuk mendapat vaksin Booster. Syaratnya hanya KTP. Jadi tidak ada syarat khusus dalam rangka pelaksanaan vaksin Booster. Yang jelas sepanjang dia warga negara Indonesia boleh divaksin Booster," katanya.

Sementara itu, untuk data percepatan capaian vaksinasi Covid-19 Provinsi Riau, untuk dosis 1 sudah mencapai 79,54 persen atau 3.849.811 orang, dari target jumlah penduduk Riau 4.840.347 jiwa. Sedangkan untuk capaian vaksinasi dosis 2 di Provinsi Riau mencapai 47,57 persen, atau 2.302.630 dosis.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

76 Napi di Riau Terima Remisi Hari Raya Waisak

Senin, 16 Mei 2022 | 13:27 WIB
X