Jabat Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal Mulai Mulai Berkantor Awal Januari 2022

- Rabu, 29 Desember 2021 | 16:31 WIB
 Irjen Muhammad Iqbal SIK MH Resmi Jabat Kapolda Riau (Istimewa)
Irjen Muhammad Iqbal SIK MH Resmi Jabat Kapolda Riau (Istimewa)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kendati telah resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Riau yang baru, Irjen Pol Muhammad Iqbal tidak langsung berada di Bumi Lancang Kuning. Dia diyakini mulai berkantor di Mapolda Riau Jalan Pattimura Kota Pekanbaru pada awal Januari 2022 mendatang.

Irjen Pol Muhammad Iqbal dilantik menjadi Kapolda Riau menggantikan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang mutasi sebagai Asops Kapolri. Pelantikan dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/12).

Selain Kapolda Riau, saat itu turut dilantik 6 Kapolda lainnya. Usai dilantik, kegiatan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab).

Pelantikan itu didasarkan pada rotasi internal Korps Bhayangkara melalui surat telegram Nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021, yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri. Dalam surat telegram tersebut tercantum 94 perwira tinggi dan menengah Polri yang mengalami pergeseran posisi. Salah satunya untuk jabatan Kapolda Riau.

Baca Juga: Target Vaksin Lansia di Pekanbaru Diklaim Tinggal 3,7 Persen

"Hari ini, tepatnya tanggal 29 Desember 2021, Kapolda Riau termasuk salah satu Kapolda yang diserahterimakan bersama beberapa kapolda lain yang mengalami mutasi jabatan. Tadi pagi jam 10.00 WIB dilaksanakan serah terima jabatan di Mabes Polri dipimpin oleh Bapak Kapolri," ujar Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, Rabu (29/12) siang.

"Jadi saat ini sudah resmi Bapak Irjen Pol Muhammad Iqbal menjadi Kapolda Riau," sambung perwira menengah Polri yang akrab disapa Narto itu.

Kendati telah resmi menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara di Provinsi Riau, Irjen Pol Iqbal tidak langsung berkantor di Mapolda Riau. Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) itu harus menjalani sejumlah rangkaian kegiatan sebelum tiba di Riau.

"Terkait rangkaian pisah sambut dan sebagainya, bahwa Beliau (Irjen Pol Muhammad Iqbal,red) saat ini persiapan kembali ke NTB untuk pisah sambut di sana," lanjut Narto.

Baca Juga: Kabupaten Rohil Raih Terbaik 3 Se-Indonesia dalam Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021

Setelah selesai di sana, barulah dia terbang ke Provinsi Riau. Sebelum mengawali tugasnya sebagai Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal akan mengikuti prosesi pisah sambut dengan pejabat sebelumnya, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

"Selesai rangkaian di sana (NTB,red), nanti akan ke Pekanbaru yang informasinya tanggal 1 (Januari 2022) Beliau datang (ke Riau)," jelas mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

"Selanjutnya kita juga menunggu kehadiran Pak Asops (Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi,red), tanggal berapa nanti kembali (ke Riau). Kemudian kita laksanakan prosesi sebagaimana rangkaian sertijab yang selama ini kita lakukan," sambung Narto memungkasi.

Diketahui, Irjen Pol Muhammad Iqbal bukanlah orang baru di Provinsi Riau. Dulunya, pria kelahiran Palembang, 4 Juli 1970 itu, pernah mengemban sejumlah jabatan penting di jajaran Polda Riau.

Di antaranya, pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Wakapolres Dumai, dan Koorspri Kapolda Riau.

Baca Juga: Ingin Berkunjung ke Kantor Camat Sail, Masyarakat Wajib Download dan Scan Barcode PeduliLindungi

Sementara itu, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, diketahui telah menjabat sebagai Kapolda Riau lebih dari 2 tahun. Dalam masa itu, sejumlah pencapaian dan keberhasilan telah diukir Irjen Pol Agung.

Salah satunya, adalah menciptakan Aplikasi Dashboard Lancang Kuning, yang akhirnya menjadi aplikasi nasional, karena turut diadopsi oleh sejumlah Polda lainnya di Indonesia. Aplikasi ini berguna untuk memantau situasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta beragam hal lainnya.

Terbukti, sejak hadirnya aplikasi ini pada awal tahun 2020, Provinsi Riau tak lagi menjadi langganan bencana kabut asap akibat karhutla, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain jabatan Kapolda, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga melakukan rotasi sejumlah jabatan di jajaran Polda Riau. Di antaranya, jabatan Dirresnarkoba yang saat ini dijabat Kombes Pol Victor Siagian. Dia dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri (Dalam Rangka Dik Sespimti Polri Dikreg ke-31 TA 2022).

Posisi yang akan ditinggalkannya akan diisi oleh Kombes Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto yang saat ini menjabat Kapolresta Barelang.

Lalu, Kapolres Pelalawan, AKBP Indra Wijatmiko digeser sebagai Kapolres Bengkalis menggantikan AKBP Hendra Gunawan yang pindah sebagai Wadirlantas Polda DIY. Posisi yang ditinggalkan AKBP Indra akan diisi oleh AKBP Guntur Tariq yang saat ini menjabat Kabagops Polres Metro Jakpus.

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X