Riau Jadi Percontohan Germas Nasional, Wagubri: Tantangan Dihadapi Dibarengi Impelementasi Kegiatan

- Rabu, 29 Desember 2021 | 12:15 WIB
Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution saat menyampaikan sambutan pada acara Aksi Germas
Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution saat menyampaikan sambutan pada acara Aksi Germas

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Sukses menjadi Provinsi percontohan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Nasional, Wakil Gubrrnur Riau, Edy Natar Nasution, tetap mengingatkan kepada Dinas Kesehatan, dan Kabupaten Kota, tetap menggerakkan program Germas untuk menciptakan sumber daya manusia yang sehat, untuk menuju pembangunan yang sehat.

“Salah satu untuk agenda pembangunan yakni, meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, yaitu dengan menggerakkan masyarakat hidup sehat, pengembangan kawasan sehat, penyediaan lingkungan yang mendorong aktifitas hidup,” ujar Wagubri, Edy Natar Nasution, saat menyampaikan sambutan pada acara aksi Germas di Gedung Olahraga Tribuana, Rabu (29/12).

“Selain itu promosi perubahan hidup sehat yang inovatif dan kebudayaan, penerapan masyarakat madani hidup sehat dan meningkatkan penyediaan makanan sehat,” tambah Wagubri.

Menurut Wagubri, seiring dengan berjalnnya Germas di Provinsi Riau, masih banyak tantangan-tantangan yang harus dijalankan pada tahu kedepan. Karena Germas tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi tapi juga seluruh stakholder dan Pemerintah Kabupaten Kota, serta masyarakat sendiri.

 

“Tantangan yang harus dihadapi adalah germas ini masih identikkan dengan sektor kesehatan saja, dan impelementasi Germas belum sepenuhnya maksimal dilaksanakan oleh seluruh sektor baik yang dipusat dan diaerah, serta keterlibatan baik di sektor pemerintah maupun diluar sektor pemerintah.

Kemudian kebijakan yang sudah ada dibeberapa daerah juga belum sepenuhnya dibarengi dengan impelementasi kegiatan,” tegas Wagubri.

 

Turut hadir pada acara aksi Germas, Direktur Promosi Kementerian Kesehatan dan Pemberdayaan Kemenkes, Imran Agus Nurali, Plt Kadis Kesehatan, Masrul Kasmy, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, mahasiswa dan undangan lainnya.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X