Anggaran Mencapai Rp7,1 M,  Pembangunan Menara Masjid Raya Riau Dihentikan Sementara

- Selasa, 28 Desember 2021 | 19:18 WIB
Menara Masjid Raya Riau, di Jalan Siak II Palas pembangunan dihentikan sementara
Menara Masjid Raya Riau, di Jalan Siak II Palas pembangunan dihentikan sementara

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Rencana Pemerintah Provinsi Riau, untuk memfungsionalkan Masjid Raya Riau, di Jalan Siak II, Palas, Kecamatan Rumbai, batal dilaksanakan, dikarenakan terjadi penurunan 3 Milimeter dari konstruksi bangunan 36 meter, dimana rencana menara pembangunan menara Masjid setinggi 99 meter.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, Syafri Afis, mengatakan, demi alasan keamanan pembangunan menara dihentikan sementara, sampai selesai uji penelitian dari tim independen.

“Kita sudah mengambil langkah untuk penelitian pembangunan menara Masjid Raya Riau. Terjadi penurunan lebih kurang sekitar 3 mili meter pada kontribusi ketinggian 36 meter. Kita kan ada namanya Manajemen Konstruksi, tapi sesuai arahan pak Plt Kadis, atau Pak Sekda harus dilakukan penelitian dari tim independen kita tunjuk dari Universitas Riau,” ujar Syafri Afis, Selasa (28/12).

Dijelaskan Syafri, menara yang akan dibangun setinggi 99 meter tersebut, didalam perencanaannya menggunakan lift dan tangga. Sehingga jika dalam pembangunannya harus betul-betul aman. Karena nantinya lift tersebut akan digunakan untuk turun naik manusia.

“Faktor keselamatan harus diutamakan dalam pembangunannya, karena nanti akan ada manusia yang akan memakainya. Lift tetap kita beli dengan anggaran yang sudab ada, tapi pemasangannya belum bisa kita ambil karena adanya perbaikan menara, sampai selesai,” jelasnya.

Sementara itu, ketika disinggung berapa besar anggaran untuk pembangunan menara setinggi 99 meter tersebut, Syafri mengatakan, sesuai yang ada disalam pagu anggaran mencapai Rp7,1 Miliar. Anggaran ini akan dikeluarkan keseluruhannya sampai selesai pembangunan menara.

“Karena ada penelitian jadi anggarannya ada yang dipotong sebesar Rp2,9 Miliar, dari pagu anggarannya sebesar Rp7,1 Miliar untuk menara. Kalau secara keseluruhan tambahan pembangunan Masjid ini mencapai Rp24,7 Miliar untuk tahun 2021. Harusnya memang tahun ini sudah operasional tapi tak jadi. Perusahaan yang membangun PT Nur Rizky,” kata Syafri.

 

Untuk diketahui, Pemprov Riau telah menganggarkan anggaran kelanjutan pembangunan Masjid Raya Riau tersebut pada tahun 2021 ini. Dan anggaran pembangunan sudah masuk di APBD Riau sebesar Rp30 Miliar. Untuk pembangunan menara, eskalator, lift, dan beberapa bangunan lainnya.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X