Ops Lilin 2021 Berlangsung 10 Hari, Amankan Natal dan Kendalikan Covid-19

- Kamis, 23 Desember 2021 | 17:21 WIB
Forkopimda Riau melepas personel gabungan usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 (Istimewa/Akmal)
Forkopimda Riau melepas personel gabungan usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 (Istimewa/Akmal)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 akan berlangsung selama 10 hari ke depan, terhitung sejak 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Sebanyak 2563 personel gabungan dikerahkan dalam operasi pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru) ini.

Apel gelar pasukan digelar di halaman Gubernur Riau, Kamis (23/12). Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingin oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi.

Gubernur Riau Syamsuar berharap suasana tahun baru ini tidak menimbulkan penambahan kasus Covid-19 khususnya di Provinsi Riau. Harapan itu bisa terwujud jika dilakukan dengan kerja sama seluruh pihak.

"Dan itu yang kita harapkan, kita butuh dukungan dan seluruh partisipasi dari masyarakat Riau. Kita harap, suasana tahun baru ini tidak menimbulkan Covid-19," kata Gubernur Riau, Syamsuar, usai melepas iring-iringan kenderaan.

Baca Juga: UNRI Siap Dukung Program PHR

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi menyebut bahwa Operasi Lilin 2021 ini tidak hanya mengamankan kegiatan ibadah Nataru melainkan juga mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

"Selain mengamankan ibadah natal dan tahun baru, kita juga harus mengendalikan penyebaran Covid-19," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi.

Alasananya diungkap Agung, agar kejadian diperayaan Nataru tahun sebelumnya tak terulang, dimana terjadi penambahan angka terkonfirmasi Covid-19. "Kita harus belajar dari tahun sebelumnya, dimana terjadi penambahan yang signifikan," paparnya.

Selain itu selama libur Nataru, pihaknya akan memantau dan mengawasi langsung mobilitas masyarakat dibeberapa lokasi yang berpotensi terjadi kerumunan. "Kita akan menempatkan barcode PeduLindungi dititik keramaian, baik itu wisata, tempat ibadah, mall, di jalan," tambahnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X