Jemput Izin Assesment 12 OPD ke KASN, BKD: Minggu Ini Bisa Dibuka Pengumuman Pendaftaran

- Selasa, 21 Desember 2021 | 09:42 WIB
Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan
Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Untuk mengejar target pelantikan pejabat tinggi pratama (eselon II) pada bulan Januari 2022, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, langsung jemput bola ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), untuk izin pelaksanaan pembukaan assesment 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masing kosong pada minggu ini.

 

“Kami saat ini menjemput izin pelaksanaan assesment ke KASN, suratnyakan sudah kita masukkan minggu lalu. Kalau keluar hari ini izinnya tentu minggu ini dibuka pengumuman pendaftaran calon pejabat untuk 12 OPD yang masih kosong,” ujar kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Selasa (21/12)

Dijelaskan Ikhwan, setelah mendapatkan izin, pihaknya membuka pengumuman bagi calon pejabat sesuai dengan petunjuk teknis pendaftaran, seperti yang telah dijalankan sebelumnya pendaftaran calon kepala OPD dilingkungan Pemprov Riau.

“Pengumuman persyaratan pendaftaran biasanya lima hari. Kemudian kita menerima pendaftaran, dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan administrasi bagi calon yang mendaftar. Barulah setelah lengkap semua dilaksanakan uji kompetensi bidang oleh asesor,” jelasnya.

“Dilanjutkan penulisan makalah, wawancara dan terakhir tes kesehatan di RSJ dan pemeriksaan narkoba. Diambil tiga calon baru diserahjan ke KASN lagi untuk izin pelantikan,” kata Ikhwan.

Lebih jauh dikatakan Ikhwan, bagi ASN yang ingin mendaftar sebagai pejabat eselon II bisa darimana saja, baik dari pusat, Kabupaten Kota dan daerah lainnya. Selagi memenuhi syarat diterima pendaftaran dan menjalni seluruh tes.

“Asal mencukupi pangkat bisa mendaftar. Kalau dia eselon III tentu pangkatnya 4B kalau mendaftar sebagai kepala Dinas. Untuk yang kepala biro bisa pangkatnya 4A. Darimana saja boleh daftar, dan menjalani semua proses pencalonan,” ungkap Ikhwan.

Untuk diketahui, Pemprov Riau segera akan membuka assesment untuk 12 OPD yang masih kosong. Saat ini ada 10 jabatan yang di Plt kan, setelah dilakukannya pelantikan 32 pejabat eselon II hasil evaluasi, dari 41 OPD.

Selain 10 jabatan yang kosong, untuk pejabat yang memasuki masa pensiun juga akan dibuka assementnya. Seperti Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimgrasi, Jonli, yang memasuki masa pensiun tahun 2022 mendatang. Selanjutnya Kepala pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak pengendalian penduduk dan KB, T Hidayati Hefita, yang memasuki masa pensiun Desember 2021, dan Staf Ahli Gubernur Riau Indra Putrayana.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB
X