Disdik Riau Dorong Daerah Jalankan Vaksin Bagi Siswa Usia 6-11 Tahun di Sekolah

- Senin, 20 Desember 2021 | 19:41 WIB
Kadisdik Riau, Kamsol
Kadisdik Riau, Kamsol

HALUANRIAU.CO, PEKANABARU-Dinas Pendidikan Provinsi Riau, mulai mengintruksikan kepada seluruh sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK negri dan swasta untuk menjalankan program vaksinasi bagi pelajarlr. Terutama bagu pelajar yang usia 6-11 tahun, yang sudah dimulai dalam beberapa hari ini.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol, mengatakan, sesuai arahan dari Mendagri dan Gubernur Riau, untuk menjalankan program vaksinasi bagi anak-anak usia 6-12 tahun, harus dilakukan koordinasi dengan Kabupaten Kota, menjalankan program vaksinasi di sekolah.

“Sekarangkan sudah mulai vaksinasi bagi anak-anak usia 6-12 tahun, kalau kita di Kabupaten Kota sudah menggesa anak sekolah siswa SMA/SMK, dan sudah berjalan. Untuk program khusus anak sekolah SD dan SMP menjadi kewenangan  Dinas Pendidikan daerah, tapi kita ikut mendorong bagaimana menjalankan vaksinasi di sekolah bagi anak-anak usia 6-11 tahun,” ujar Kamsol, Senin (20/11).

Dijelaskan Kamsol, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi di sekolah SMA/SMK berjalan lancar, bahkan sudah hampir mencapai 90 persen. Namun data lengkapnya masih didata, daerah mana saja yang belum menyelesaikan vaksin. Selin itu dalam pelaksanaan sekolah tatap muka terbatas juga berjalan aman dan lancar, sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang ketat.

 

“Dalam pelaksanaan sekolah tatap muka, Prokes siswa sekolah sangat ketet, sudah ada aturan dari Kementrian bagaimana dalam rangka menjaga prokes. Sudah ada ketentuan menjalankan prokes yang dijalankan. Sejauh ini velum ada yang terkonfirmasi positif dalam pelaksanannya,” kata Kamsol.

 

“Jadi melalui koordinasi yang kuat dengan Kabupaten kota untuk menjalankan progran vaksinasi khusus untuk anak-anak. Stratgei nanti lewat MKKS dan berkoordinasi dengan dinas setempat menkoordinir pelaksanaan. Sesuai dengan syarat ketentuan vaksin yang digunakan, dalam mendukung program, sesuai arahan Mendagri dan Gubernur, kita harapkan dalam dua minggu ini tuntas. Kalau disekolag tidak sulit, tapi yang khawatirkan libur sekolah ini,” tambahnya.

 

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar, juga mengarahkan Kabupaten kota untuk mulai menjalankan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun. “Anak-anak usia 6-11 tahun dikoordinasikan dengan Kabupaten Kota, tidak hanya anak-anak juga lansia. Bisa saja di sekolah, bagusnya di sekolah dilaksanakan,” kata Gubri.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB
X