Vaksin Bagi Anak Usia 6-12 Sudah Dimulai, Maksimalkan Vaksinasi Melalui Diskes dan Disdik

- Selasa, 14 Desember 2021 | 20:44 WIB
dr Indra Yovi, jubir penanganan Covid-19 Riau
dr Indra Yovi, jubir penanganan Covid-19 Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah pusat telah membuka kebijakan untuk pelaksanaan vaksin Covid-19, bagi ana-anak usia 6 sampai 12 tahun. Di Provinsi Riau sendiri dalam waktu dekat akan memulai vaksinasi bagi anak-anak, dengan bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, kabupaten kota di Riau

“Sama-sama kita ketahui, bahwa untuk vaksinasi usia 6 sampai 12 tahun itu sudah resmi diizinkan oleh pemerintah pusat, nanti teknisnya akan disiapkan oleh Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten kota untuk memaksimalkan semua anak usia 5 sampai 12 tahun semua bisa tervaksinasi," ujar juru bicara penanganan Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Selasa (14/12).

Dijelaskan Indra Yovi, untuk mengetauhi berapa banyam anak-anak usia dini yang akan disuntik vaksin Covid-19, semua didata melalui Dinas kependudukan dan Dinas pendidikan. Sejauh ini anak-anak usia 13 tahun atau yang sudah SMP sudan menerima vaksin, baik melalui sekolah maupun di Rumah sakit, pusmesmas dan vaksinasi umum.

“Datanya masih belum kita dapatkan, nanti kita akan minta ke dinas kependudukan dan Dinas pendidikan," singkatnya.

Pada kesempatan tersebut, Dokter ahli paru ini juga mengajak pemerintah daerah di Riau, bersama stake holder untuk terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. Hingga saat ini capaian vaksinasi di Riau untuk dosis 1 sudah mencapai 2,6 juta jiwa atau sekitar 58 persen dari target sasaran vaksinasi sebanyak 4,8 juta jiwa. ‎Sedangkan untuk vaksinasi dosis ke 2 baru tercapai sebanyak 1,6 juta jiwa atau sekitar 35 persen.

“Capaian vaksinasi di Riau masih terbilang rendah. Sebab Riau saat ini belum masuk 10 besar capaian vaksinasi terbanyak di Indonesia. Riau bahkan masih berada dibawah Sumatera Barat. Kita masih berada dibawah Sumatera Barat, ini harus kita kejar, karena kita sudah terlempar dari 10 besar,” katanya.

 

Pemerintah Kabupaten Kota, agar menggenjot pelaksanaan vaksinasi dimasing-masing wilayahnya. 

Sesuai dengan arahan pemerintah pusat sudah menargetkan hingga akhir tahun nanti harus tercapai 70 persen dari total populasi penduduk di Riau yang harus sudah tervaksi, minimal dosis 1.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X