Riau Tuan Rumah ICCF 2021, Diikuti 200 Kabupaten Kota se Indonesia

- Jumat, 26 November 2021 | 19:00 WIB
Ketua Umum ICCN, Fiki C. Satari, bersama Kadis Pariwisata Roni Rahmat, menjelaskan Rau sebagai tuan rumah ICCF
Ketua Umum ICCN, Fiki C. Satari, bersama Kadis Pariwisata Roni Rahmat, menjelaskan Rau sebagai tuan rumah ICCF

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Provinsi Riau dipercaya sebagai tuan rumah Indonesia Creative Cities Festival (ICCF), yang diikuti lebih dari 200 kota kabupaten se-Indonesia, yang tergabung dalam Indonesia Creative Cities Network (ICCN), simpul jejaring forum lintas komunitas, 26-28 November 2021.

Ketua Umum ICCN, Fiki C. Satari, mengatakan, ICCF adalah acara tahunan yang terdiri dari Indonesia Creative Cities Conference (ICCC), pameran produk dan jenama lokal, pagelaran seni, dan sebagainya. Provinsi Riau telah terpilih sebagai tuan rumah ICCF di tahun 2021 ini, dengan penyelenggaraan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak, pada tanggal 26 hingga 28 November.

“Riau ditunjuk sebagai tuan rumah ICCF sejak tahun 2019 yang lalu. Penyelenggaraan ICCF kali ini pun bertepatan dengan digelarnya Kenduri Riau, hari ini. Momentum ini menjadi makin istimewa dengan kehadiran Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Riau Syamsuar, Staf Khusus Presiden RI Putri Tanjung, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio, dan para tamu kehormatan lainnya,” ujar Fiki, Jumat (26/11).

 

Dijelaskannya, salah satu highlight pada rangkaian acara Kenduri Riau adalah peluncuran buku putih Kota kreatif tahun 2021. 10 prinsip 11 jurus menuju kota masa depan. Buku ini memuat kerangka kerja ICCN yang menjadi komitmen, berupa 10 Prinsip kota kreatif Indonesia, dan pedoman bagi seluruh anggotanya dalam mewujudkan kabupaten/kota kreatif yang inklusif dan relevan, dengan kemajuan zaman melalui penerapan Catha Ekadasa, atau 11 jurus untuk mewujudkan 10 prinsip tersebut.

 

“Buku putih ini juga memuat Indeks Kabupaten Kota kreatif Indonesia, atau IKK, yang sedang kami upayakan dalam format digital dashboard, sehingga dapat menjadi alat bantu bagi para pemimpin daerah, untuk membuat kebijakan dan regulasi berdasarkan data dan potensi ekonomi kreatif kewilayahan yang akan selalu termutakhirkan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rahmat, mengatakan, kegiatan ini menjadi suatu suatu kebanggaan bagi Provinsi Riau, dengan dipercayanya membuat suatu iven. Dan banyak manfaat untuk Provinsi Riau, dimana beberapa daerah akan di ajukan sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia, seperti halnya kota di Provinsi lain.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X