UEA-CEPA, Dubes Uni Eropa Kunjungi Riau Demi Pelajari Produksi Minyak Sawit Lokal Skala Usaha Kecil

- Senin, 15 November 2021 | 18:43 WIB
Kunjungan Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket ke Pekanbaru, Riau (Media Center Riau)
Kunjungan Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket ke Pekanbaru, Riau (Media Center Riau)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Dalam dua hari 15-16 November 2021, duta besar Uni Eropa Vincent Piket mengunjungi Riau menjajaki potensi kerja sama dalam bidang Ekonomi.

Vincent mengagendakan pertemuan dengan Gubernur Riau dan para pejabat Pemerintahan Riau.  Juga menggelar pertemuan dengan IKADIN Riau, SPKS (Serikat Petani Kelapa Sawit), Aspakindo (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) dan interaksi langsung dengan para petani kelapa sawit skala kecil di Desa Belutu Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Tujuan khusus kunjungan Vincent selaku Dubes Uni Eropa tersebut untuk mendalami pemahaman produksi minyak sawit berkelanjutan di skala usaha kecil.

Tujuan secara umum untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Riau-Uni Eropa serta pengkajian lebih mendalam perundingan tentang Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia dengan Uni Eropa (EU-CEPA).

Baca Juga: Suplai PLN Diisukan Pakai Batu Bara Murahan dan Ilegal, Kardaya Sebut: Gak Bisa Ditawar

Kunjungan tersebut juga karena adanya keinginan Eropa meningkatkan perdagangan dengan Indonesia. Menurutnya, 8% dari total perdagangan Indonesia–Eropa adalah minyak sawit.

16% dari ekspor Indonesia ke Eropa. Sektor yang membuka peluang lapangan kerja dengan pendapatan besar di daerah.

Oleh karenanya melalui kunjungan tersebut Vincent harus memastikan adanya jaminan keberlanjutan mata rantai pasokan minyak sawit dengan tidak berdampak terjadinya deforestasi akibat pembelian minyak sawit tersebut, dan Vincent memahami Indonesia sedang berusaha keras kearah itu.

Selama melakukan kunjungan Vincent bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi dan masukan termasuk mengenai kemajuan yang ada mengingat Uni Eropa adalah pasar minyak sawit terbesar bagi Indonesia.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

76 Napi di Riau Terima Remisi Hari Raya Waisak

Senin, 16 Mei 2022 | 13:27 WIB
X