Gajah Liar Masuk Kebun, Tanaman Warga Inhu Ludes

- Rabu, 3 November 2021 | 14:49 WIB
Jejak 2 ekor gajah liar yang memakan tanaman pisang di kebun masyarakat setempat (istimewa/Media Center Riau)
Jejak 2 ekor gajah liar yang memakan tanaman pisang di kebun masyarakat setempat (istimewa/Media Center Riau)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Dua gajah liar dilaporkan masuk ke perkebunan masyarakat dan memakan tanaman lahan warga di Desa Alim I, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Mencegah terjadinya konflik manusia dan satwa, tim Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) lantas melakukan proses mitigasi konflik pada Rabu hingga Sabtu 27-30 Oktober 2021, dikutip dari Media Center Riau.

Plt Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Jogasara menjelaskan, tim bertindak setelah mendapat laporan Humas IPK Desa Alim I tentang adanya gajah liar yang masuk dan merusak areal kebun masyarakat.

“Mencegah konflik tim langsung menuju ke Desa Alim I, dan langsung berkoordinasi dengan perangkat desa,” jelas Fifin, melalui keterangan resmi, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Harimau Serang Anak 12 Tahun hingga Tewas di Areal Perusahaan di Inhil

Saat mendatangi lokasi kemunculan, lanjut Fifin, tim bersama masyarakat menemukan jejak gajah liar serta batang sawit yang rusak dimakan satwa tersebut.

Setelah dilakukan pengamatan, tim mendapati gajah liar menuju ke arah kawasan hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Selanjutnya, tim menelusuri jejak tersebut.

“Hasilnya esok hari tim menemukan jejak 2 ekor gajah liar yang memakan tanaman pisang di kebun masyarakat setempat. Tim terus menelusuri jejak gajah bersama masyarakat, karena gajah kembali ke kebun masyarakat,” kata Fifin.

Dari hasil analisia tim di lapangan, diperkirakan 2 ekor gajah tersebut keluar dari kawasan hutan TNBT sekitar pukul 02.00 WIB dan diperkirakan kembali ke kawasan hutan TNBT pada pukul 05.00 WIB.

Baca Juga: Sekarang Naik Pesawat Cuma Perlu Tes Antigen Negatif Saja

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: media center riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X