Capaian Vaksinasi Masih Dibawah 40 Persen, 10 Daerah Dari Level 2 Naik Level 3 PPKM

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:35 WIB
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), 10 Kabupaten di Riau naik level dari level 2 menjadi level 3. Sedangkan untuk level 2 yang masih tetap hanya Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Penurunan status 10 daerah tersebut, dikarenakan tingkat vaksinasi belum mencapai 70 persen dan masih dibawah 40 persen.

 

Sedangkan Kota Pekanbaru sudah mencapai 75 persen, dan Kota Dumai mencapai 67 persen vaksinasi dari jumlah penduduk. Namun untuk Pekanbaru capaian vaksinasi bagi lansia baru mencapai 35 persen, sehingga tidak bisa turun ke level 1, sesuai aturan vaksinasi bagi lansia harus mencapai 60 persen.

 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, sesuai dengan aturan pemerintah melalui intruksi Mentri Dalam Negri (Inmendagri), kriteria Level 2 yang turun ke level 3, yaitu Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

“Penetapan level wilayah berpedoman pada Indikator, penyesuaian upaya upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial, dalam penanggulangan pandemi Covid-19, yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dimana level PPKM kabupaten/kota dinaikkan 1 level, apabila capaian total vaksinasis dosis 1 kurang dari persen,” ujar Mimi, Selasa (19/10).

 

“Untuk 10 Kabupaten yang kembali naik ke level 3 dari level 2, itu dikarenakan capaian vaksinasi bagi masyarakat tidak mencapai 40 persen. Makanya naik, dan aturan PPKM level 3 tetap dijalankan olej Kabupaten Kota untuk menekan angka penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah,” tambah Mimi.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Harga TBS Sawit di Riau Pekan Ini Alami Penurunan

Selasa, 30 November 2021 | 11:48 WIB

Kemendag: Cangkang Sawit Riau Diekspor ke Jepang

Senin, 29 November 2021 | 19:47 WIB
X