Terjerat Seling, Harimau Sumatera ditemukan Mati di Bengkalis

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:03 WIB
Tim mengevakuasi bangaki Harimau Sumatera dari lokasi temuan dibawa menuju Kota Pekanbaru untuk dilakukan neokropsi (Istimewa)
Tim mengevakuasi bangaki Harimau Sumatera dari lokasi temuan dibawa menuju Kota Pekanbaru untuk dilakukan neokropsi (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Seekor Harimau Sumatera (HS) ditemukan mati di kawasan Hutan Produksi yang dapat Dikonversi (HPK) di Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana, Bengkalis pada Minggu (17/10).

Satwa dengan nama latin Panthera Tigris Sumatera itu ditemukan oleh warga setempat disaat hendak bekerja di kebun yang bersebelahan dengan kawasan temuan itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara menyebut bahwa satwa tersebut mati akibat terkena jerat warga.

Pada awalnya, BBKSDA Riau mendapat laporam dari Kepolisian Sektor (Polsek) Bukit Batu atas temuan tersebut. Ketika itu, Polsek Bukit Batu kebetulan sedang melaksanakan patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dikawasan tersebut.

Baca Juga: Tutup MTQ ke XIX Kecamatan Kandis, Alfedri: Dengan Mtq Ini Dapat Menumbuhkan Manusia Yang Qur'ani

"Tim Resort Bukit Batu segera turun ke lokasi kejadian, melakukan pengecekan dan identifikasi awal," kata Fifin.

Bersama personel Polsek Bukit Batu, tim segeran mensteriliasi lokasi, memasang garis polisi untuk menghindari kerumunan warga.

"Lokasi berada di areal Hutan Produksi yang dapat Dikonversi (HPK) berupa areal perladangan masyarakat dan  berjarak tegak lurus lebih kurang 21,85 KM  dari kawasan SM Bukit Batu," jelasnya.

Satwa dilindungi itu sudah mulai membusuk, bekas luka sudah menghitam dan berulat.

"Harimau jenis kelamin betina, kondisi terjerat kaki kiri bagian depan dengan jenis jerat seling," singkatnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga TBS Sawit di Riau Pekan Ini Alami Penurunan

Selasa, 30 November 2021 | 11:48 WIB

Kemendag: Cangkang Sawit Riau Diekspor ke Jepang

Senin, 29 November 2021 | 19:47 WIB
X