Dana Transfer Pusat ke Provinsi Turun, APBD Riau 2022 Ikut Turun Diperkirakan Rp8,2 T

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:51 WIB
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau telah menerima catatan dana transfer dari Pemerintah pusat. Dibandingkan dengan tahun lalu, dan transfer yang diterima oleh Pemprov Riau mengalami penurunan.

Tahun 2022 Riau menerima sebanyak Rp3.942.012.678, menurun bila dibandingkan pada tahun 2021 sebesar, Rp4.821.512.278.000.

Penurunan dana transfer yang diterima oleh Pemprov Riau setelah adanya pegeseran penyaluran dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

Dimana pada tahun sebelumnya di transfer ke Provinsi, namun pada tahun 2022 dana BOSDA langsung ke masing-masing Kabupaten Kota, yang mencapai Rp800 Miliar.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto, mengatakan, penurunan dana transfer ke Provinsi Riau tidak menjadi masalah, karena adanya pergeseran anggaran tersebut. Dan untuk dan transfer lainnya seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentiv Daerah (DID) dan Dana Bagi Hasil (DBH)? hanya mengalami sedikit penurunan, termasuk seluruh Provinsi.

“Dana transfer dari pusat tidak ada masalah, karena itu transfer untuk dana BOS dan BOSDA, dan dananya tidak dimasukkan ke kita ditransfer ke daerah. Memang ada di beberapa dana transfer turun tidak begitu besar, seperti DBH, DID, DAU turun itu saja yang hesar tidak begiti berpengaruh,” jelas Sekda.

Lebih jauh dikatakan Sekda, dengan menurunnya dana transfer dari pemerintaj pusat ke daerah, maka penurunan APBD Riau 2022 juga mengalami penurunan. Dan Pemprov Riau mulai membahas APBD Riau tahun 2022. Dari pembahasan awal, diperkirakan APBD Riau tahun depan turun atau hanya tinggal sekitar Rp8,2 triliun, dari tahun tahun ini Rp9,3 triliun.

Penurunan tersebut disebabkan adanya pergeseran dana transfer dari pusat ke daerah. Penurunan APBD Riau akibat pergeseran dana transfer tersebut diperikirakan Rp1,060 triliun.

Lebih kurang Rp800 miliar lebih bergeser ke kabupaten/kota, dan sisanya DAU, DAK dan DID yang berkurang. 

"Itu APBD Riau 2022 ada pergeseran dana transfer dari pusat. Jasi sekali lagi tahun sebelumnya BOSDA untuk sekolah dasar dan sekolah menengah dasar itu disalurkan melalui Pemprov Riau, sekarang dari kementerian langsung ditransfer ke kabupaten kota. Ada penurunan sekitar Rp1,060 triliun, maka estimasi APBD Riau tahun 2022 tinggal sekitar Rp8,2 triliun," pungkasnya. 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bus Layanan Makanan Gratis Akan Segera Hadir di Riau

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:22 WIB

Aman! Diskes Klaim Stok Vaksin Pekanbaru Melimpah

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X