Pengurusan Izin HGU PT Agro Abadi, Pemprov Bantah Tuduhan Korupsi Terhadap Gubri

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:09 WIB
Kadis LHK Riau, Maamun Murod, bersama Kadis Perkebunan Zul Fadli, menjelaskan tentang HGU terhadap PT Agro Abadi
Kadis LHK Riau, Maamun Murod, bersama Kadis Perkebunan Zul Fadli, menjelaskan tentang HGU terhadap PT Agro Abadi

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Perkebunan (Disbun) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, memberikan klarifikasi terkait adanya pemberitaan atas tuduhan korupsi pengurusan izin, Hak Guna Usaha (HGU), PT Agro Abadi dan pajak yang dialamatkan oleh sebuah LSM kepada Gubernur Riau, Syamsuar dan DLHK Riau.

 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulfadli, mengatakan, tidak ada keterlibatan Gubernur Riau dan DLHK Provinsi Riau dalam penerbitan HGU perusahaan perkebunan kelapa sawit, karena proses penerbitan HGU adalah kewenangan Kanwil BPN Provinsi Riau dengan Panitia B. Keanggotaan Panitia B ada sembilan pihak yang diketuai oleh Kanwil BPN Provinsi Riau.

 

Lalu, beranggotakan Bupati/ Walikota lokasi setempat, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wil XIX Riau, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Kepala Dinas PUPRPPK Provinsi Riau, Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau, Kantor Pertanahan Kabupaten Setempat, Camat setempat, dan Kepala Desa setempat.

 

"Kami tegaskan, sampai saat ini PT Agro Abadi belum memiliki HGU. Jadi pokok materi gugatan tersebut yang mana. Gubernur Riau tidak ada terkait dengan hal ini. Izin HGU merupakan kewenangan BPN. Dalam pengurusan HGU juga, pemerintah provinsi hanya sebagai anggota. Leading-nya di BPN," ujar Zul Fadli, Kamis (9/10).

 

Dijelaskannya, bahwa PT. Rimba Seraya Utama (PT RSU) memiliki Ijin Hak Pengusahaan Hutan Hutan Tanaman Industri (HPH-HTI) berdasarkan SK Menteri Kehutanan No.599/Kpts-11/1996 tanggal 16 September 1996 seluas 12.600 Ha. Pada tahun 1998 PT RSU akan melakukan penanaman tanaman HTI Akasia namun masyarakat Desa Buluh Nipis menolak PT RSU menanam akasia di areal kerja HTI PT RSU sampai terjadi demo dan perusakan tanaman akasia perusahaan.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Harga TBS Sawit di Riau Pekan Ini Alami Penurunan

Selasa, 30 November 2021 | 11:48 WIB

Kemendag: Cangkang Sawit Riau Diekspor ke Jepang

Senin, 29 November 2021 | 19:47 WIB
X