Peringatan Hari Ozon Sedunia, Gubri Apresiasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Jadi Eko-Enzim

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 17:07 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar, menyaksikan cairan hasil eko-enzim yang bermanfaat untuk kesehatan, pupuk, dan pembenihan perikanan.
Gubernur Riau, Syamsuar, menyaksikan cairan hasil eko-enzim yang bermanfaat untuk kesehatan, pupuk, dan pembenihan perikanan.

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Menperingati hari Ozon sedunia, Pemerintan Provisi Riau, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Riau, mengadakan kegiatan penanaman pohon, penyebaran ika patin, dan penebaran eko enzim, atau pengolahan sampah rumah tangga yang menghasilkan cairan serbaguna, di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sutan Sarif Hasim, Kecamatan Minas, Siak, Rabu (6/10).

 

Gubernur Riau, Syamsuar, mengapresiasi penebaran eko enzim, hasil karya dari Dinas LHK Riau. Eko-enzim dapat dimanfaatkan kembali sebagai tangki fermentasi eko-enzim. Hal ini juga menjadi nilai tambah karena mendukung konsep dalam menyelamatkan lingkungan, dimana eko-enzim ini merupakan produk ramah lingkungan.

 

“Jadi hari ini kami melakukan penyebaran benih ikan dan juga penebaran eko-enzim, eko-enzim ini diterangkan oleh salah seorang pegawai LHK, bahwa eko-enzim ini dengan peralatan sangat sederhana ini dari limbah rumah tangga sehari-hari dari kaum ibu dan juga dari sana bisa digunakan eko enzim,” ujar Gubri Syamsuar.

 

“Dan eko-enzim ini juga bisa digunakan baik untuk kesehatan, pupuk, sebagai pembersih dan budidaya perikanan. Jadi tentunya kami harapkan hari ini peringatan hari ozon dan sekaligus mengajak seluruh komponen masyarakat agar peduli lingkungan, yang bersih,” tambah Gubri.

 

Dijelaskan Gubri daei Eko-enzim, dapat menjadi produk ramah lingkungan yang mudah dibuat oleh siapapun. Bahkan eko-enzim bisa dijadikan sebagai usaha terutama bagi Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Dimana dari penjelasan pihak LHK pembuatannya hanya membutuhkan air, gula sebagai sumber karbon, serta sampah organik sayur, buah-buahan habis dimakan, kulit buah. Eko-enzim adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik, gula diantaranya gula coklat, gula merah atau gula tebu.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

SMSI Riau Teken MoU Dengan PT Sarana Pembangunan Riau

Jumat, 2 Desember 2022 | 09:54 WIB
X