Info Komoditi Perkebunan Riau: Kelapa Butiran dan Pinang Alami Penurunan

- Senin, 4 Oktober 2021 | 18:15 WIB
Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja
Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Harga produk komoditi perkebunan di Prov Riau, seperti kelapa butiran dan pinang mengalami penurunan di setiap daerah.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan untuk Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti pada periode minggu ini sebesar Rp3.567/kg mengalami penurunan harga dari harga  minggu lalu sebesar Rp 166/kg.

"Harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp6.250/kg mengalami penurunan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp300/kg," ujarnya kepada Haluan Riau, Senin (4/10/2021).

"Untuk pinang kering  (100%) di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp16.870/kg  juga mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp620/kg," sambungnya.

Baca Juga: Cara Sederhana Buat Zat Pengatur Tumbuh Tumbuhan dengan Sendiri

Dijelaskan Defris, sedangkan untuk tepung sagu basah sebesar Rp3.067/kg di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tidak mengalami kenaikan juga penurunan atau masih sama dengan minggu lalu.

Lanjut Defris, untuk komoditas Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) mengalami harga yang bervariasi. Baik itu di tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB).

"Minggu pertama bulan Oktober 2021, harga bokar atau karet ditingkat petani (KUB), Kabupaten Kampar sebesar Rp11.200/kg tidak mengalami kenaikan harga atau sama dari minggu lalu. Disusul Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp10.82/kg malah mengalami kenaikan harga dari minggu lalu sebesar Rp 151/kg. Lalu Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp11.500/kg mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp 300/kg," cakapnya.

Tambah Defris, sedangkan untuk tingkat Apkarkusi di Kabupaten Kuansing, harga bokar sebesar Rp12.349/kg mengalami kenaikan harga dari minggu lalu sebesar Rp90/kg, dan ditingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp10.600/kg mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp 200/kg.

Baca Juga: Khabib Tolak Tawaran Alex Ferguson Minum Wine Usai The Red Devils Gagal Menangkan Pertandingan

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X