Kasus Harian Covid-19 Masih FluktuatiF, Gubri: Tak Boleh Lalai dan Euforia, Tetap Patuhi Prokes

- Senin, 20 September 2021 | 19:06 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar
Gubernur Riau, Syamsuar

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau, dua pekan setelah penetapan status Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, masih fluktuatif. Walaupun dalam kasus harian positif Covid-19 sempat menurun dibawah 100, pada hari Minggu (19/9), 81 kasus. Namun naik kembali pada hari Senin (20/9), dengan penambahan 153 kasus, total 126.644 kasus positif Covid-19 di Riau.

 

Untuk menghindari terjadinya kembali penyebarab kasus positif Covid-19 yang lebih tinggi lagi di Provinsi Riau, Gubernur Riau, Syamsuar, meminta kepada masyarakat untuk tidak cepat puas dengan capaian kasus yang menurun. Gubri mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

“Protokol kesehatan tetap, jadi jangan nanti misalnya kita terlalu gembira. Tugas kami bagaimana menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita belum tau ni nantinya ada gelombang ketiga, atau barang kali nanti ada berkaitan dengan varian baru. Karena itu kita mestinya harus waspada, sekaligus menjaga protokol kesehatan ini tetap dijaga dengan baik,” ujar Gubri, Senin (20/9).

 

Dijelaskan Gubri, setelah terjadinya penurunan kasus di Riau dalam beberapa pekan ini, postivity Riau mencapai 4 persen. Termasuk angka Rt atau efektifotas reproduksi Covid-19 dibawah 1 persen. Dengan terjadinya penurunan ini bisa saja terjadi kenaikan, untuk itu perlu dilakukan pendisiplinan prokes.

 

“Positif rate kita hanya 4, persen, dan RT kita sudah 0,8 jadi makanya boleh dikatakan kecil sekali penularannya. Tapi ini tak boleh kita lalai, tak boleh euforia tak boleh kita langsung buka masker sabar dululah. Dan mudah-mudahan dengan kebersamaan kita, kekompakan kita dalam menangani Covid-19 di Kabupaten kota. Presiden mengatakan, dengan adanya penurunan ekonomi pasti bagus, jadi ini sekarang luar biasa di Riau,” tegas Gubri.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Pasien Sembuh Dari Covid-19 Capai 96,6 Persen

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Bus Layanan Makanan Gratis Akan Segera Hadir di Riau

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:22 WIB

Aman! Diskes Klaim Stok Vaksin Pekanbaru Melimpah

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X