Pembangunan SPAM Lintas Pekanbaru Kampar Dimulai, Gubri: Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Sehat

- Senin, 20 September 2021 | 13:36 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar, bersama Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar, saat berada di lokasi pembangunan SPAM Lintas Pekanbaru Kampar.
Gubernur Riau, Syamsuar, bersama Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar, saat berada di lokasi pembangunan SPAM Lintas Pekanbaru Kampar.

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar, melakukan pemancangan tiang pertama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, di Desa Kualu Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9), dan juga disaksikan oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus, Bupati Kampat Catur Sugeng, Direktur PP Tirta Riau Satrio Priambodo, dan Dirut BUMD PT SPR, Fuady Noor.

 

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini, untuk pertama kalinya memiliki akses air langsung minum layak tanpa dimasak, melalui pembangunan SPAM Kapasitas 1.000 Liter perdetik, yang dimulai pebangunan pada 2021 ini, dan akan dialirkan ke rumah masyarakat pada tahun 2022.

 

“Hari ini kita telah melaksanakan pemancangan tiang pertama, SPAM lintas Pekanbaru dan Kampar. Untuk mendukung upaya meningkatkan pelayanan air minum yang bersih dan sehat bagi masyarakat di wilayah selatan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Kebutuhan air bagi masyarakat Pekanbaru saat ini lebih kurang 11 persen, begitujuga dengan Kampar sekitat 14 persen,” ujar Gubri, Syamsuar.

 

“Ini juga bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Riau, untuk memenuhi tanggung jawab dalam penyediaan air minum bagi masyarakat, melalui dukungan terhadap kerja sama yang telah dilakukan PT. Sarana Pembangunan Riau dengan

PDAM Kota Pekanbaru, dan PDAM Kabupaten Kampar, serta investor melalui skema Business to Busines (B to B) ini, untuk melaksanakan SPAM regional Pekanbaru-Kampar,” tambah Gubri.

 

Dijelaskan Gubri, SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini, akan melayani lebih kurang sebanyak 624.000 jiwa atau 102.000 sambungan rumah, di 5 Kecamatan yaitu, Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu dan Tambang, dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan menjadi 55%, dimana sumber air bakunya dari Sungai Kampar.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Pasien Sembuh Dari Covid-19 Capai 96,6 Persen

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Bus Layanan Makanan Gratis Akan Segera Hadir di Riau

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:22 WIB

Aman! Diskes Klaim Stok Vaksin Pekanbaru Melimpah

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X