Sukses Atasi Karhutla dan Meningkatkan Perekonomian, Kadis LHK: Tahun Ini Riau Bangun 100 Sekat Kanal

- Kamis, 16 September 2021 | 19:07 WIB
Kadis LHK Riau, Mamun  Murad
Kadis LHK Riau, Mamun Murad

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Provinsi Riau, kembali mendapatkan pembangunan 100 skat kanal, dengan anggaran sebesar Rp16,3 Miliar, dari Pemerintah Pusat melalui Badan Restorasi Gambut dan Mangrov (BRGM) RI. Untuk program pemulihan ekosistem gambut, peran strategis dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta mencegah terjadi Kebakaran hutan lahan di lahan gambut, di Provinsi Riau.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Riau, Mamun Murad, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan pola padat karya,  juga memberi manfaat pada perbaikan ekonomi masyarakat setempat. Keseimbangan antara aspek kelestarian lingkungan hidup, dan perbaikan ekonomi

masyarakat menjadi indikator keberhasilan yang penting untuk diwujudkan.

 

“Tahun ini akan membangun 100 skat kanal, di tiga daerah Kabupaten Rohil, Bengkalis, dan Kota Dumai. Skat kanal ini, berfungsi ekosistem gambut yang mengalami kerusakan merupakan upaya penyelamatan dari berbagai bencana lingkungan, seperti karhutla, banjir dan kekeringan. Seperti kita fahami bersama, kabut asap akibat karhutla mengakibatkan kerugian yang sangat besar, berdampak luas bahkan lintas batas negara,” ujar Maamun Murad, Kamis (16/9).

 

Dijelaskan Maamun Murad, dalam menjalankan pembangunan skat kanal ini, pihaknya sering mendapatkan komplain khususnya dari berbagai pihak. Ada juga yang sedang diselidiki Aparat Penegak Hukum (APH) tidak dilibatkan sejak awal. Sehingga tidak tau lokasi, dan pihaknya DLHK dimintai keterangan terhadap persoalan ini. Untuk itu sekarang melibatkan TNI/Polri.

 

“Kegiatan pembangunan skat kanal dan pengelolaan sumur bor dengan pola padat karya. Kita tidak ikut mengerjakan benar-benar dikerjakan oleh kelompok masyarakat. Tidak ada uang dibayarkan kes tapi dibayar tunai, jadi untuk mengurangi terjadi pungutan liar, kita melibatkan TNI/Polri ditapaknya, seperti Koramil setempat dan Babinkamtibmas, sengaja kita libatkan supaya dapat dukungan,” tambah Murad.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X