Sukses Melaksanakan Operasi Berat, RSUD Arifin Ahmad Mampu Secara Mandiri Pelayanan Operasi Jantung

- Selasa, 14 September 2021 | 18:44 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Dirut RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzely, dan tim dokter ahli bedah jantung dari RS Harapan Kita, usai membahas persiapan RSUD Arifn Ahmad bisa mandiri operasi jantung.
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Dirut RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzely, dan tim dokter ahli bedah jantung dari RS Harapan Kita, usai membahas persiapan RSUD Arifn Ahmad bisa mandiri operasi jantung.



HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad, kini sudah mampu secara mandiri melakukan pelayanan Operasi Jantung, mulai dari kasus yang ringan sampai kasus yang berat. Setelah memiliki peralatan operasi yang lengkap. Bahkan pelaksanaan operasi Jantung di RSUD Arifin Ahmad sudah sama pelayanan seperti RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.

 

Sebelum mampu secara mandiri menjalankan operasi Jantung, terlebih dahulu telah dilakukan operasi terhadap pasien Jantung yang berobat di RSUD Arifin Ahmad, dengan melibatkan tim pendamping dari Kementrian Kesehatan, Direktorat Jendral pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, yang diketuai oleh dr Dudy Arman Hanafy, Kelompok SM bedah Kardiovaskuler dewasa.

 

“Kita sudah melaksanakan 85 pasien yang sudah kita operasi, tapi sekarang ini sudah meningkatkan level cevelitasnya jadi diawal kasus yang mudah-mudah, sekarang yang sulit. Jadi ini sudah kita lakukan beberapa tahun jadi kalau sekrang kalau operasi jantungnya cukup bisa lancar itu dilakukan oleh Arifin Ahmad sendiri,” ujar dr Dudy, didampingi Dirut RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzely.

 

“Tapi kalau kasusnya berat baru kita dampingi, seperti kasus yang sekarang kita kerjakan adalah status lebih rumit dibandingkan yang biasanya.

Untuk di Indonesia saat ini Provinsi yang melakukan operasi jantung cuma 13 Provinsi termasuk Riau. Jadikan Riau dari paling ujung Aceh, Sumut, Riau, Sumsel, Kalimantan, pulau Jawa dan satu di Papua,” tambahnya.

 

Dijelaskan Dokter ahli bedah jantung ini, banyak manfaat yang bisa diambil bagi masyarakat Riau yang terkena sakit jantung. Dimana pasien tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk membawa berobat ke Jakarta, atau keluar negri. Operasi jantung di RSUD Arifin Ahmad sudah sama standar dengan RS Harapan Kita, bahkan sama dengan operasi di luar negri, dengan peralatan yang lengkap.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Harga Sawit Riau Capai Rekor Tertinggi dalam Sejarah

Selasa, 14 September 2021 | 12:18 WIB
X