Sudah 42 Persen Masyarakat Riau Dapatkan vaksin, Kapolda: Tren Positifity dari 31 Persen Menjadi 6 Persen

- Selasa, 7 September 2021 | 18:28 WIB
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi dan Gubernur Riau H Syamsuar serta forkopimda lainnya meninjua pelaksanaan vaksinasi di Mesjid Agung An Nur, Selasa 7 September 2021
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi dan Gubernur Riau H Syamsuar serta forkopimda lainnya meninjua pelaksanaan vaksinasi di Mesjid Agung An Nur, Selasa 7 September 2021

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sejauh ini sudah 42 persen masyarakat Provinsi Riau yang mendapatkan Vaksin Covid-19 dari target 75 persen yang diberikan pemerintah pusat.

Penduduk Riau saat ini tercatat 6.394.087 jumlah penduduk Provinsi Riau, yang menjadi target vaksinasi sebanyak 4.478.860 orang.

“Adapun sampai saat ini yang sudah diberikan vaksin sebanyak 1.886.969 orang atau telah mencapai 42 persen dari total jumlah masyarakat yang akan divaksin. Ini terus kita optimalkan agar pencapaian target bisa dipercepat," ungkap Kapolda Riau Irjel Pol Agung Setya Imam Efendi saat melakukan pelaksanaan vaksinasi di mesjid Agung An Nur Kota Pekanbaru.

Hadir dalam peninjauan tersebut langsung Gubernur Riau H Syamsuar, Kapolda Irjen Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031 Wirabima Brigjen M Syeich Ismed, Kajati Riau, DPRD Kota dan Provinsi serta Walikota Pekanbaru dan Kapolresta.

Vaksin yang tersedia dalam pelaksanaan vaksinasi di Mesjid Agung sebanyak 2.000 dosis dan terlihat masyuarakat antusias dengan tertib untuk mendapatkan vaksin.

Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengoptimalkan pemberian vaksin kepada masyarakat. Salah satu upaya dengan vaksinasi massal. Selasa (7/9/2021) digelar serentak vaksinasi diempat lokasi, yakni tiga diantaranya di Kota Pekanbaru dan satu lagi di Kabupaten Kuansing dengan total 5.150 dosis vaksin disediakan dan melibatkan 210 tenaga vaksinator baik dari Polri, TNI dan Dinas Kesehatan.

Upaya percepatan ini dilakukan agar vaksin yang disalurkan dari pusat bisa segera dihabiskan atau disalurkan kepada masyarakat.

Disela vaksinasi serentak ini, dilaksanakan pula video conference dengan Presiden RI Joko Widodo. Dalam arahannya, presiden meminta agar setiap daerah melakukan percepatan pemberian vaksin kepada masyarakat dan segera berkoordinasi kepada kementerian kesehatan, bila kekurangan distribusi vaksin. Seluruh daerah juga digesa agar memenuhi target vaksin 75 persen dari jumlah warga yang ada.

Melalui vaksinasi ini diharapkan terbentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Selain itu, patokan lainnya adalah angka positivity rate, di mana perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

"Kita lihat tren positif Covid-19 di Provinsi Riau dengan positivity terus menurun dari 31 persen di awal Agustus dan menurun sampai awal September menjadi 6 persen," optimisnya.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Eka Buana Putra

Tags

Terkini

Harga TBS Sawit di Riau Pekan Ini Alami Penurunan

Selasa, 30 November 2021 | 11:48 WIB

Kemendag: Cangkang Sawit Riau Diekspor ke Jepang

Senin, 29 November 2021 | 19:47 WIB
X