Kasus Positif  di Riau Melandai, PPKM Masih Lanjut Pekanbaru Turun Level 3

- Senin, 6 September 2021 | 19:47 WIB
Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir
Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah pusat telah mengumumkan perpanjangan status penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 hingga 4, untuk luar Provinsi Jawa-Bali, 7-20 September 2021. Untuk Provinsi Riau, penurunan status terjadi untuk seluruh Kabupaten Kota, termasuk Kota Pekanbaru, yang semula berada di level 4 turun ke level 3, sedangkan daerah lain turun ke level 2 dan 1.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, penurunan status level PPKM untuk seluruh Kabupaten Kota, tetap berpedoman pada instruksi mentri dalam negri (Inmendagri), sesuai dengan status yang telah ditetapkan. Masyarakat juga tetap mematuhi aturan sesuai dengan Inmendagri.

“Alhamdulillah status level 4 di Riau sudah turun terutama Kota Pekanbaru. Untuk daerah lain juga mangalami penurunan, setelah melihat penurunan kasus harian positif Covid-19 di Riau mengalami penurunan. Tapi kita harus tetap mengikuti aturan yang ada di Inmendagri untuk penurunan status level 4 ke level 3, dan ke level 2 atau level 1,” ujar Mimi Yuliani Nazir, Senin (6/9).

Dijelaskan Mimi, selama diperpanjangnya PPKM untuk level 1-4, masyarakat bisa mempertahankan terus penurunan kasus positif Covid-19 di Riau. Saat ini kasus positif melandai berada di bawah 300 kasus. Begitu juga dengan positive rate di Riau juga mengalami penurunan mencapai 6 persen. Dengan mematuhi protokol kesehatan status level di Riau akan semakin menurun.

“Tidak ada cara lain selain menerapkan protokol kesehatan, selalu memakai masker, hindari kerumunan, selalu mencuci tangan. Jangan sampai dengan penurunan status ini masyarakat jadi lengah, dan abai terhadap prokes. Pertahankan penurunan kasus ini, inikan bagus masyarakat bisa beraktifitas dengan tetap mematuhi prokes,” kata Mimi.

Sementara itu, juru bicara penanganan kasus positif Covid-19 Riau, dr Indea Yovi, menyampaikan, penurunan kasus positif Covid-19 di Riau, juga berkat kedisiplinan masyarakay menerapkan prokes, termasuk penerapan PPKM yang mulai dijalankan di Provinsi Riau, selama tiga pekan. Mulai dari awal penerapan PPKM level 4 kasus positif di Riau meningkat, bahkan mencapai angka diatas 2.500 kasus.

“Manfaat dari PPKM ini sudah nampak jelas, selama PPKM level 4 terjadi penurunan kasus positif Covid-19. Setiap minggu kasus menurun, dan tujuan PPKM ini untuk menghambat mobilisasi, terbukti terjadi penurunan. Kecuali jika selama PPKM kasus positif Covid-19 meningkat,” jelas Indra Yovi.

Sementara itu, dari informasi harian kasus Positif Covid-19 di Riau, kembali terjadi penurunan. Untuk hari Senin (6/9) terdapat penambahan 149 kasus positif, total 124.697 kasus. Pasien yang sembuh mencapai 487 orang yang sembuh, total 117.395 orang sembuh. Sedangkan pasien yang meninggal akibat Covid-19 bertambah 29 orang, total 3.861 orang meninggal dunia. nur

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB
X