Bapenda Riau Kejar PAD, Pajak Terkumpul Mencapai Rp2 Triliun Lebih atau Sudah 59% dari Target

- Sabtu, 4 September 2021 | 22:51 WIB
Ilustrasi pajak  |  Sumber : Bruno /Germany dari Pixabay
Ilustrasi pajak | Sumber : Bruno /Germany dari Pixabay

HALUANRIAU.CO, RIAU - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Riau pada tahun 2021 mencapai Rp 3,3 triliun.

Hingga akhir Agustus lalu, dari target tersebut sudah telah tercapai 59,12 persen atau sekitar Rp 2 triliun lebih.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, Herman mengatakan, realisasi pendapatan daerah itu dari lima sektor pajak.

Adapun sektor pajak tersebut diantaranya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Air Permukaan dan Pajak Rokok. 

"Realisasi pendapatan daerah kita dari sektor pajak sampai akhir Agustus sudah mencapai 59,12 persen atau Rp2 triliun lebih dari target Rp3,3 triliun," kata Herman, Sabtu (4/9/2021). 

Herman menerangkan, dari lima sektor pajak tersebut yang paling tinggi realisasinya adalah PKB. Dimana dari target PKB sebesar Rp1,2 triliun, saat ini progresnya mencapai Rp744 miliar atau 58,27 persen. 

Pihaknya optimis target PKB akan tercapai sampai akhir tahun. Apalagi saat ini Pemprov Riau tengah memberlakukan penghapusan denda pajak sampai 9 November mendatang. 

"Kita berharap dengan program pemutihan denda pajak Insya Allah target akan tercapai," ungkapnya optimis. 

Kemudian untuk realisasi BBNKB sendiri sudah mencapai Rp526 miliar atau 61,13 persen dari target Rp861 miliar. Sedangkan realisasi PBBKB tercapai Rp471 miliar atau 59,41 persen dari target Rp793 miliar. 

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Terkini

X