Lokataru: Politik Hari Ini Lebih Mementingkan Uang

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 12:50 WIB
Haris Azhar bicara soal politik Indonesia masa kini. (instagram.com/@azharharis)
Haris Azhar bicara soal politik Indonesia masa kini. (instagram.com/@azharharis)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Dipantik Hari Kemerdekaan Indonesia, Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar turut memberikan komentarnya terkait perbandingan kondisi politik Indonesia zaman kemerdekaan dan masa kini. Dia menyebut saat ini kondisi politik Indonesia berani berbohong.

"Kalau dulu itu ada dua hal, ada dua keywords 'berani dan jujur', hari ini berani bohong, politik hari ini dinodai uang dan dinodai manipulasi atau image yang dibangun," kata Haris Azhar, dalam acara Mata Najwa 'Jika Sukarno Melihat Indonesia Hari Ini', Kamis (19/8/2021).

Selain itu, Haris Azhar juga menyebutkan saat ini kejujuran dari politisi itu tak ada meski image sudah dibangun.

"Uang dijadikan sumber untuk kegiatan politik, kegiatan politik tujuannya uang. Jadi kekuasaan untuk uang, uang untuk kekuasaan," ujarnya.

Ia mengatakan istilah politik uang karena sudah sering ditemukan serangan fajar.

"Kita suka dengar ada serangan fajar dan lain-lain, itulah sampai ternodai. Jadi bukan sekadar jual-beli di tingkatan atas, tetapi untuk meraih jabatan politik ada sampai di sana," ujar Haris.

Sementara itu, Staf Khusus Mensesneg, Faldo Maldini menyebutkan kondisi politik Indonesia lebih baik hari ini dalam seperempat abad terakhir.

"Menurut kami sih, memang kita hari ini lebih baik seperempat abad terakhir, 76 tahun ini kan seperempat abad terakhir," kata Faldo.

Menurutnya, Bung Karno dan Bung Hatta pada zaman kemerdekaan hadir untuk saling melengkapi, menjaga atau menutupi apa yang tidak punya satu sama lain.

"Masih adakah Bung Karno dan Bung Hatta di antara kita hari ini?" tanya Najwa Shihab.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Muscab Serentak Demokrat Riau Resmi Dibuka

Senin, 18 April 2022 | 20:47 WIB
X