Gerindra dan PAN Kritik Gubernur dan Wagub Sumbar Beli Mobil Dinas Saat Pandemi

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 16:52 WIB
Legislator Gerindra. (harianhaluan.com)
Legislator Gerindra. (harianhaluan.com)

HALUANRIAU.CO, PADANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi dan Wakil Gubernur, Audy membeli mobil dinas baru, saat kasus pandemi Covid-19 sedang naik dan alasannya adanya refocusing anggaran.

Menanggapi hal itu, Legislator Komisi IV fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Mario Syahjohan mengkritik sikap Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang membeli mobil dinas (Mobnas) seharga Rp2 miliar saat pandemi Covid-19.

"Harusnya Gubernur dan Wagub lebih peka terhadap kesulitan masyarakat ditengah pandemi ini," kata Mario yang juga Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu, Selasa (17/8/2021).

Mario menyebutkan bahwa pembelian kendaraan dinas Gubernur dan Wagub tersebut tidak urgen atau penting. ia menambahkan seharusnya anggaran tersebut digunakan untuk penanganan Covid-19 di Sumbar atau untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

"Dan kendaraan yang sedang dipakai itukan bisa diperbaiki apabila sedang rusak," sebutnya.

Selain Mario, Jubir Muda PAN, Febri Wahyuni juga menanggapi pembelian mobil dinas tersebut.

"Mobil dinas itu saat ini bukan hal pokok dan mendesak. Jangan mengalokasikan anggaran APBD yang berasal dari rakyat untuk hal yang hanya dinikmati sendiri. Daripada beli mobil dinas pribadi, mending Pak Mahyeldi membeli mobil ambulance atau membantu rumah sakit Universitas Andalas yang sedang krisis anggaran, yang tidak mendapatkan bantuan lagi dari Pemprov Sumbar," terangnya.

Tambahnya, membeli mobil dinas baru karena alasan mobil lama rem blong dan sudah dianggarkan di APBD 2021, menunjukkan kalau gubernur dan wakil gubernur Sumbar kurang bijak dan tidak memiliki empati di saat masyarakat sedang dalam hidup kesusahan, karena dampak pandemi Covid-19.

"Aneh sekali jika alasan pembelian mobil baru karena mobil yang lama remnya blong, Mohon maaf nih pak, apa perlu saya minta teman saya yang punya begkel untuk servis rem mobil ke rumah dinas? Kan sudah ada anggaran untuk servis mobil dinas? Apakah beli mobil baru lebih penting dari pada servis mobil yang lama?" cetus Febri.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan selama ini dirinya memakai mobil milik pribadi. Sementara, terkait mobil dinas baru, memang sudah ada pagu anggarannya.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: harianhaluan.com

Tags

Terkini

X