Ingin Punya SIM C? Simak Tips Berikut Agar Lulus Ujiannya

- Senin, 16 Agustus 2021 | 13:57 WIB
Ilustrasi uji praktik lapangan pembuatan SIM C  |  Sumber: pikiran-rakyat.com/Ade Mamad
Ilustrasi uji praktik lapangan pembuatan SIM C | Sumber: pikiran-rakyat.com/Ade Mamad

Haluanriau.co, Nasional - Siapa yang saat ini beraktifitas sehari-hari menggunakan sepeda motor, tapi belum punya Surat Izin Mengemudi (SIM) C? Atau kamu pernah ditilang polisi karena mengendarai motor, tapi tidak punya SIM?

SIM tidak hanya memiliki fungsi sebagai bukti kompetensi pengemudi.

Menurut UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 86, SIM berfungsi sebagai bukti kompetensi mengemudi, sebagai registrasi yang memuat keterangan identitas lengkap pengemudi, sebagai alat mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian.

Agar kamu tidak lagi ditilang polisi, yuk bikin SIM. Haluanriau.co akan memberikan beberapa tips yang bisa memudahkan kalian ketika membuat SIM dan lulus uji praktik lapangan pembuatan SIM C.

Tanamkan pemikiran rasa percaya diri pada diri kalian, agar ketika prosesnya kalian bisa enjoy menjalaninya, tidak grogi, dan menganggap bahwa itu bukan bagian dari tes, sama seperti jika kalian megendarai motor sehari-hari.

Pahami kondisi di lapangan

Ketika mengantre, tidak perlu terburu-buru ingin cepat selesai sehingga terkesan tergesa-gesa mengambil giliran uji praktik. Berita ini dikutip dari Haloyouth.com dengan judul Sering Gagal Ketika Uji Praktik Lapangan Pembuatan SIM C? Ikuti Tips-tips Berikut, dijamin Ampuh!

Tenang, dan perhatikan dulu bagaimana orang lain melalui rintangan di lapagan, jika mungkin, cobalah untuk menganalisis secara mandiri tentang bagaimana menyesuaikan kondisi lapangan dengan cara mengendarai yang efektif.

Tetap Tenang

Yang satu ini tak kalah penting. Tenang ketika giliranmu tiba. Atur napasmu agar tidak mengganggu konsentrasimu. Seringkali orag gagal bukan karena ia tidak bisa, namun karena tidak tenang.

Belajar dari kesalahan

Jika kamu masuk kedalam orang yang gagal dan mengulang berkali-kali, jangan risau. Jadikanlah kesalahan sebagai gurumu.

Ketika gagal, coba pikirkan kembali mengapa hal itu bisa terjadi, sehingga ketika mencoba kembali di minggu berikutnya, kemungkinan kamu untuk berhasil meningkat sepersekian persen dibanding sebelumnya.

Intinya, kunci agar tidak gagal, kamu harus tenang, jangan terburu-buru, dan tentunya fokus. Semoga berhasil!***(Rifqiyudin/Haloyouth.pikiran-rakyat.com)

Editor: Taufik Ilham

Sumber: haloyouth.com

Tags

Terkini

BEM UI Tuding Firli Bahuri Bawa Kemunduran KPK

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Bahan Olahan Karet Naik, Pinang Turun

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:41 WIB

Pemerintah China Minta Apple Hapus Aplikasi Alquran

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:35 WIB
X