5.584 Anggota PPS se-Riau Dilantik, Inhu Kosong Dua Anggota

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:40 WIB
Suasana pelantikan anggota PPS Kabupaten Kuantan Singingi di Lapangan Limuno Teluk Kuantan. (Akmal/HRC)
Suasana pelantikan anggota PPS Kabupaten Kuantan Singingi di Lapangan Limuno Teluk Kuantan. (Akmal/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sebanyak 5.584 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Provinsi Riau dilantik secara serentak pada Selasa (24/1). Ribuan anggota PPS ini akan berjibaku menjalankan setiap tahapan demi lancarnya perheletan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Ilham Muhammad Yasir menyebut bahwa peran anggota PPS ini bagian penting dan tak terpisahkan dalam rangkaian kerja kolosal pesta demokrasi lima tahunan.

"Saya mengucapkan tahniah kepada rekan-rekan PPS. Selamat atas rekan-rekan telah memilih bergabung dalam bagian besar tim ini," kata Ilham Muhammad Yasir, Rabu (25/1/2023).

Ribuan anggota PPS ini tersebar di 1.862 Desa/Kelurahan yang ada di 12 KPU Kabupaten/Kota. Jumlah kebutuhan keseluruhan anggota PPS ini sebenarnya 5.586, namun ada 2 anggota yang mengundurkan diri sebelum proses pelantikan.

Kekosongan itu berada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), tepatnya satu anggota PPS di Kelurahan Pasar Kota Kecamatan Rengat dan satu anggota PPS Desa Sungai Aur, Kecamatan Batang Peranap.

"Untuk posisi anggota PPS yang belum terisi di Kabupaten Indragiri Hulu," ungkap Ilham M Yasir lagi.

Untuk mengisi kekosongan itu, KPU Riau berpedoman kepada Surat Ketua KPU RI Nomor 63/PP.04-SD/04/2023 tanggal 17 Januari 2023 perihal Pemenuhan Kebutuhan PPS Pasca Perpanjangan Pendaftaran PPS Tahap II pada KPU/KIP Kabupaten/Kota  bahwa pasca perpanjangan perpanjangan PPS Tahap II yang masih kurang dari 1 (satu) kali jumlah kebutuhan.

"KPU Kabupaten/Kota dapat melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi, lembaga pendidikan, lembaga profesi untuk mendapatkan calon anggota PPS yang memenuhi persyaratan," katanya singkat.

Diwaktu yang bersamaan, Ketua Divisi SDM KPU Riau Nugroho Noto Susanto menyebut bahwa divisinya telah melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten Inhu terkait akan adanya kekosongan ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Indragiri Hulu agar segera memproses pengisian posisi anggota PPS yang kosong di Kelurahan Pasar Kota Kecamatan Rengat dan PPS Desa Sungai Aur Kecamatan Batang Peranap, agar dapat segera dilantik,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andi Darma Taufik Dilantik Menjadi Anggota DPRD Riau

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:39 WIB

Presiden Vietnam Mundur, Karena Takut Dipecat?

Selasa, 17 Januari 2023 | 19:50 WIB
X