Partai Ummat Resmi Jadi Peserta Pemilu 2024!

- Jumat, 30 Desember 2022 | 16:24 WIB
KPU RI Umumkan Verifikasi Faktual Perbaikan Partai Ummat Hari Ini
KPU RI Umumkan Verifikasi Faktual Perbaikan Partai Ummat Hari Ini

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Partai Ummat resmi menjadi parpol peserta Pemilu 2024 setelah KPU RI menyatakan partai berlambang Bintang Emas tersebut lolos verifikasi faktual perbaikan.

Dalam rapat rekapitulasi verifikasi faktual keanggotaan, Ketua KPU RI, Hassyim Asy'ari sempat menanyakan apakah Partai Ummat keberatan dengan hasil verifikasi kali ini? dan kemudian Waketum Partai Ummat, Nazaruddin menyatakan tidak.

"Sebelumnya, karena tadi di tata tertib ada klausul apabila ada yang keberatan. Apakah ada yang keberatan Partai Ummat?," tanya Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam rapat hasil rekapitulasi verifikasi faktual keanggotaan di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/12/2022).

"Kali ini tidak," jawab Wakil Ketua Partai Ummat, Nazaruddin.

Diketahui sebelumnya, Partai Ummat tidak lolos menjadi parpol peserta Pemilu 2024 dimana di dua provinsi yakni NTT dan Sulawesi Utara, parpol bentukan Amin Rais tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Atas dasar tersebut, pihak Partai Ummat melalui kuasa hukum, Denny Indrayana mengajukan gugatan ke Bawaslu. Namun Denny Indrayana mengupayakan mediasi.

Setelah hasil mediasi Partai Ummat, Bawaslu dan KPU, akhirnya Partai tersebut diberi waktu untuk memperbaiki syarat keanggotaan di kedua wilayah yang TMS tersebut.

"Pertama, untuk provinsi NTT Partai Ummat dinyatakan memenuhi syarat di 19 Kabupaten Kota sedangkan syarat minimal 17. Status akhir dinyatakan memenuhi syarat," kata Komisioner KPU RI Idham Holik dalam rapat hasil rekapitulasi verifikasi faktual keanggotaan, di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/12).

"Untuk Sulut, Partai Ummat dinyatakan memenuhi syarat di 11 kabupaten kota sedangkan syarat minimal 11. Status akhir dinyatakan memenuhi syarat," lanjutnya.

Untuk nomor urut sendiri, Partai Ummat mendapatkan nomor 24 oleh KPU RI. Nomor urut tersebut diberikan setelah sebelumnya sebanyak 23 partai yang telah mendapatkan nomor urut yang diantaranya merupakan 17 partai nasional dan 6 partai lokal Aceh.

"Menetapkan nomor urut 24 sebagai nomor urut Partai Ummat dalam Pemilu tahun 2024," ucap Ketua KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Jakarta, Jumat (30/12).

Dengan hasil tersebut, praktis total 18 partai politik nasional menjadi peserta pemilu 2024, berikut daftarnya:

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andi Darma Taufik Dilantik Menjadi Anggota DPRD Riau

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:39 WIB

Presiden Vietnam Mundur, Karena Takut Dipecat?

Selasa, 17 Januari 2023 | 19:50 WIB
X