Plt. Bupati Kuansing di APBD 2023, Realisasikan Janji Insentif Untuk Pemangku Adat

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:41 WIB
Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby saat mengalungkan id card peserta acara pelatihan (Jon/HRC)
Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby saat mengalungkan id card peserta acara pelatihan (Jon/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Plt. Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Suhardiman Amby merealisasikan janjinya kepada pemangku adat se Kabupaten Kuantan Singingi untuk memberikan insentif kepada orang adat.

Tahun 2023 sudah dianggarkan pembiayaan untuk membantu mensejahterakan perangkat adat se Kabupaten, kata Plt. Bupati Suhardiman Amby, Kamis (01/12/2022) saat acara Pelatihan Para Pemangku dan Perangkat Adat  Rayon II Kecamatan Singingi, Singingi Hilir di Aula Kantor Camat Singingi.

"Penyaluran insentif nanti akan di atur dengan peraturan bupati, mulai Januari 2023 sudah bisa di laksanakan," katanya.

Kemudian Suhardiman Amby mengingatkan instansi terkait dalam menyalurkan insentif harus tertib administrasi, jangan sampai berurusan hukum di belakang hari.

"Pemerintah berkeinginan para pemangku adat bisa menyelesaikan persoalan persoalan anak kemanakan dengan baik dan bijak, jangan sampai persoalan yang seharusnya selesai di tingkat adat jangan berurusan dengan hukum," pintahnya.

Sementara Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Azhar membenarkan penganggaran untuk insentif kepada pemangku adat se Kuansing tahun 2023, pihaknya tengah memverifikasi nama-nama pemangku adat.

"Sekarang data yang ada di kami ada 1.624 orang, nama-nama inilah nantik yang akan di SK kan berdasarkan peraturan bupati Kuansing," urainya.

"Penyaluran insentif ini nanti berupa kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemangku di desa masing-masing," kata kadis Pariwisata.

Azhar menambah, kegiatan pelatihan pemangku adat yang diselenggarakan oleh  dinas pariwisata saat ini merupakan rangkaian awal verifikasi fix nya data yang sudah masuk. Sekaligus memberikan edukasi kepada pemangku adat terkait fungsi lembaga sesuai tupoksi dalam pemerintahan.

"Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan pelatihan terhadap perangkat adat di rayon II, semalam sudah dilaksanakan di rayon I di Kecamatan Mudik," pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan pelatihan Pemangku adat di Rayon II Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir untuk 184 orang.

(Jon)

Baca Juga: Akhirnya DPRD Kuansing Sahkan APBD 2023 Sebesar Rp1.187 Triliun, Namun Banyak Catatan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andi Darma Taufik Dilantik Menjadi Anggota DPRD Riau

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:39 WIB
X